PENGARUH MARKETING MIX DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA UMKM KRUPUK SINAR PERMATA TIKUNG LAMONGAN

Penulis

  • Merlin Fajarria universitas islam lamongan

Kata Kunci:

Marketing Mix, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Pelanggan.

Abstrak

Marketing Mix merupakan rangkaian planning penjualan. Tujuan adanya strategi bauran pemasaran adalah untuk memuaskan kebutuhan pembeli adapun faktor-faktor dapat mempengaruhi kepuasan pembeli adalah marketing mix dan kualitas pelayanan, agar keinginan pelanggan terpenuhi perusahaan dituntut memberikan produk bagus dan berkualitas. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah marketing mix dan kualitas pelayanan berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap kepuasan pelanggan sehingga sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 40 responden serta untuk mengetahui pengaruh yang paling dominan dari variabel bebas terhadap variabel terikat.

Metode analisis yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif, dengan menggunakan  uji Validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, korelasi berganda, koefisien determinasi, uji T, dan uji F.

Hasil dari uji t diperoleh ttabel = 2,026 sehingga diperoleh thitung  dari variabel X1 Marketing mix = 6,982, Kualitas pelayanan X2 = 5,083 ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara parsial dan signifikan antara Marketing mix dan Kualitas pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada UMKM Krupuk Sinar Permata Tikung Lamongan.  

Hasil uji F menunjukkan Fhitung  (87,291) > Ftabel  (3,25) dengan signifikasi 0,05. maka variabel bebas secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada UMKM Krupuk sinar Permata Tikung Lamongan. Dan dari persamaan regresi linear berganda Dari perhitungan regresi linier berganda diperoleh persamaan Y = 0,669 + 0,547 X1 + 0,452 X2 + e. sehingga variabel Marketing Mix mempunyai pengaruh paling dominan terhadap variabel kepuasan pelanggan.

Referensi

Yusuf Arif. 2016. Pemahaman strategi bisnis dan kewirausahaan. Edisi Pertama. Rawangmangun- jakarta. Prenamedia Group.

A.L.P. Walukow., L. Mananeke, J. Sepang. 2015. Pengaruh kualitas produk, harga, promosi dan lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen di bentenan center sonder minahasa. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado. Vol.2 No.3. ISSN 2303-1174

Nadziroh Ainin. 2019. Pengaruh Faktor Peresepsi Terhadap Minat Konsumen Pada UD. Rani Putri Toserba Lamongan. Skripsi. Universitas Islam Lamongan.

Firmansyah Anang. 2019. Pemasaran Produk dan Merk. Indonesia: Qiara Media

wibowo Andi. 2019. Manajemen Pemasaran. Edisi ke 1. Semarang: Radna Andi Wibowo

Resmi Yunita 2019. UMKM Mampu Dorong Pertumbuhan Ekonomi. Bogor. penerbit WordPress

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. cetakan ke-22. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan ke-18. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. cetakan ke-18. Bandung: CV Alfabeta.

Unduhan

Diterbitkan

2021-09-15

Terbitan

Bagian

Artikel