PENGARUH KOMPETENSI DAN PERILAKU AUDITOR TERHADAP KUALITAS AUDIT PADA KANTOR INSPEKTORAT KABUPATEN LAMONGAN

Penulis

  • Rafika Nur Oktaviani Unisla

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh kompetensi dan perilaku auditor terhadap kualitas audit pada Kantor Inspektorat Kabupaten Lamongan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data penelitian diperoleh melalui kuisioner yang disebarkan kepada responden yang bekerja di Kantor Inspektorat Kabupaten Lamongan. Kuesioner penelitian ini diukur menggunakan skala likert. Data dianalisis  dengan  menggunakan  analisis  regresi  linear  berganda  dan  diuji dengan uji klasik dengan menggunakan software SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi dan perilaku auditor mempunyai pengaruh positif dan signifikan secara parsial maupun simultan terhadap kualitas audit pada auditor Kantor Inspektorat Kabupaten Lamongan.

Kompetensi secara parsial (individu) berpengaruh terhadap Kualitas Audit pada Kantor Inspektorat Kabupaten Lamongan. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t hitung variabel Kompetensi sebesar 2,163 lebih besar dari pada nilai t tabel sebesar 2,052 serta dengan nilai signifikansi 0,043 yang lebih kecil dari 0,05. Perilaku Auditor secara parsial (individu) berpengaruh terhadap Kualitas Audit pada Kantor Inspektorat Kabupaten Lamongan. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t hitung variabel Etika Auditor sebesar 2,138 lebih besar dari pada nilai t tabel sebesar 2,052 serta dengan nilai signifikansi 0,042 yang lebih kecil dari 0,05. Kompetensi dan Perilaku Auditor secara simultan (bersama-sama) berpengaruh terhadap Kualitas Audit pada Kantor Inspektorat Daerah Kabupaten Lamongan. Hal ini dibuktikan dengan nilai f hitung sebesar 3,997 lebih besar dari pada nilai f tabel 3,32 dengan nilai signifikan 0,030 lebih kecil dari 0,05.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

A Wawan dan Dewi. 2015. Teori dan Pengukuran dan Sikap Perilaku Manusia. Yogyakarta : Nuha Medika.

Abadi Jusuf, Amir, 2017, Auditing Pendekatan Terpadu, Salemba Empat, Jakarta.

Agoes, Sukrisno. 2015. Auditing Petunjuk Praktis pemeriksaan Akuntan oleh Akuntan Publik. Edisi 4 Buku 1. Jakarta : Salemba Empat.

Agusti, R. dan Nastia, P.P., 2013, Pengaruh Kompetensi, Independensi Dan Profesionalisme Terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris Pada Kantor Akuntan Publik Se Sumatera), Jurnal Ekonomi, (Online), Volume 21 Nomor 3 September 2013, (https://www.google.com/search?hl=id&noj=1&q=pengaruh+kompetesi%2C+independensi+dan+keahlian+profesional+terhadap+kualitas+audit+dengan+e tika+sebagai+variabel+moderasi, diakses pada 19 Oktober 2020).

Anita Kusuma Dewi. (2015). Pengaruh Profesionalisme Auditor terhadap Pertimbangan Tingkat Materialitas dalam Proses Pengauditan Laporan Keuangan (Studi Empiris pada Auditor di KAP Kota Yogyakarta).Skripsi. Yogyakarta: Univesitas Negeri Yogyakarta.

Aprianti, D., 2015, Pengaruh Kompetensi, Independensi, dan Keahlian Profesional Terhadap Kualitas Audit dengan Etika sebagai Variabel Moderasi Studi Kasus pada Kantor Akuntan Publik di Wilayah Jakarta Selatan, Skripsi diterbitkan, (Online), (http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/.../DEVA%20APRIANTI-FEB.pdf, diakses pada 19 Oktober 2020).

Dewi, S. C, 2015, “Pengaruh Pengalaman Kerja, Independensi, Objektifitas, Kompetensi, dan Etika Auditor Terhadap Kualitas Hasil Audit (Studi Pada Kantor Akuntan Publik di Semarang)â€, Jurnal Akuntansi, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitan Pandanaran, Semarang.

Ghozali, Imam., 2015, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Edisi Ketujuh, Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Publik di Makassarâ€, Jurnal Akuntansi Netral, Akuntabel, Objektif, Volume 2/ Nomor 1/ Juli 2019, Jurusan Akuntansi FEB-Universitas Tadulako, Sulawesi Tengah.

Herman, 2020, “Pengaruh Independensi, Pengalaman, Akuntabilitas dan Sikap Profesional Auditor terhadap Kualitas Hasil Audit Inspektorat Kota Makassarâ€, Jurnal Economic Volume 8, Politeknik Baubau, Sulawesi Tenggara.

Ikatan Akuntan Publik, 2001, Standar Profesional Akuntan Publik, PSA 29 SA Seksi 508, Jakarta : IAI.

Jatimpos.co/lamonga, 04 Agustus 2020, Dugaan penyelewengan DD, Kepala Inspektorat Lamongan Belum Tau, (Online) (http://www.jatimpos.co/hukum/2815-dugaan-penyelewengan-dd-kepala-inspektorat-lamongan-belum-tau, diakses pada 21 Oktober 2020).

Notoatmodjo, S. 2015, Ilmu Perilaku Kesehatan, Jakarta ; Rineka Cipta.

Mulyadi. 2015. Audit 2, Edisi ke-6. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Peraturan Bupati Lamongan Nomor 44 Tahun 2008 tentang kedudukan, tugas, dan fungsi inspektorat kabupaten lamongan. (Online), (https://lamongankab.go.id/inspektorat/?page_id=4, diakses pada 21 Oktober 2020).

Rayendar, 2013, metode penelitian menurut Sugiyono, (http://rayendar.blogspot.co.id/2015/06/metode-penelitian-menurut-sugiyono-2013.html?m=1, diakses pada 24 Oktober 2020).

Saifudin. (2011). Pengaruh Kompetensi dan Independensi Terhadap Opini Audit Going Concern (Studi Kuasieksperimen Pada Auditor Dan Mahasiswa). Tesis Program Pasca Sarjana Mgister Akuntansi Universitas Diponegoro.

Tandiontong. Mathius (2016). Kualitas Audit Dan Pengukurannya. Bandung : Alfabeta.

Wibowo. 2017. Manajemen Kinerja (Edisi 4). Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada.

Unduhan

Diterbitkan

2021-03-01

Terbitan

Bagian

Artikel