PENGARUH PERPUTARAN KAS, PERPUTARAN PIUTANG, DAN PERPUTARAN MODAL KERJA TERHADAP PROFITABILITAS

Penulis

  • Nina Fajar Aida Unisla

Abstrak

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perputaran kas, perputaran piutang, perputaran modal kerja, dan perputaran kas, perputaran piutang, dan perputaran modal kerja terhadap profitabilitas. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor consumer goods industry yang terdaftar di BEI periode 2016-2019. Sampel penelitian ini sebanyak 30 perusahaan. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial perputaran kas berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas perusahaan. Secara parsial perputaran piutang tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas perusahaan. Secara parsial perputaran modal kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas perusahaan. Secara simultan perputaran kas, perputaran piutang, dan perputaran modal kerja tidak  berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Ambarsari, D., & Triyonowati. 2019. Pengaruh Perputaran Modal Kerja, Leverage, Dan Perputaran Piutang Terhadap Profitabilitas. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Volume 8, Nomor 3.

Armereo, C., & Saputra, A. A. (2020). Pengaruh Perputaran Kas, perputaran Piutang, Dan Perputaran Persediaan Terhadap Profitabilitas Perusahaan Dagang Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2018. Jurnal Akuntanika. Vol. 6, No. 1.

Bank Indonesia. 2020. Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2019 Tetap Berdaya Tahan. (Online), (https://www.bi.go.id/ruangmedia/siaran-pers/Pages/SP_220820.aspx), diakses 25 Oktober 2020.

Bursa Efek Indonesia. 2020. Laporan Keuangan Tahunan.. (Online), (http://www.idx.co.id), diakses 25 Oktober 2020.

Cahyani, P. D., & Fuadati, S. R. 2019. Pengaruh Perputaran Modal Kerja, Kas, Piutang Terhadap Profitabilitas Perusahaan Property Dan Real Estate. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Volume 8, Nomor 5.

Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS 23. Salemba Empat, Jakarta.

Hek, T. K., & Bengawean, D. 2018. Pengaruh Perputaran Kas, Perputaran Piutang, Dan Perputaran Persediaan Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Dagang Yang Terdaftar Di

Hidayat, R., & Parlindungan, R. 2018. Pengaruh Perputaran Kas dan Perputaran Piutang Terhadap Return On Assets. Jurnal Riset Akuntansi. Volume 2, Nomor 3.

Ikhsan, A., & Suryani. 2018. Pengaruh Perputaran Kas dan Perputaran Piutang Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Roset Akuntansi dan Bisnis. Vol. 18, No. 2; hal 153-161

Karamina, R. A., & Soekotjo, H. 2018. Pengaruh Perputaran Modal Kerja, Perputaran Kas, Perputaran Persediaan, Dan Perputaran Piutang Terhadap Profitabilitas. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Volume 7, Nomor 3.

Kasmir. 2016. Analisis Laporan Keuangan. Rajawali Pers, Jakarta.

Mardiah., Nurulrahmatiah, N. 2020. Pengaruh Perputaran Modal Kerja dan Perputaran Piutang Terhadap Profitabilitas Pada PT. Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk. Jurnal Ilmiah Manajemen. Vol X1 No 2.

Nurafika, R. A., & Almadany, K. 2018. Pengaruh Perputaran Kas, Perputaran Piutang, Perputaran Persediaan Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Semen. Jurnal Akuntansi dan Bisnis. Vol. 4 (1).

Pratiwi, A. E., & Ardiani, L. 2019. Pengaruh Perputaran Modal Kerja, Ukuran Perusahaan, Leverage Dan Perputaran Piutang Terhadap Profitabilitas. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi. Volume 8, No. 3.

Rhosidah, D., & Santoso, B. H. 2019. Pengaruh Perputaran Kas Dan Perputaran Piutang Terhadap Profitabilitas Perusahaan Telekomunikasi Di BEI. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Volume 8, Nomor 6.

Sudana, I. M. 2015. Manajemen Keuangan Perusahaan Teori dan Praktik. Erlangga, Jakarta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta, Bandung.

Suryani dan Hendrayadi. 2015. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta, Bandung.

Tamara, Nazmi. 2020. Lesunya Konsumsi Masyarakat yang Memukul Kinerja Perusahaan Konsumer. (Online). (https://katadata.co.od/nazmi/analisisdata/5e9a57afa440e), diakses 25 Oktober 2020.

Widodo. 2017. Metodologi Penelitian (Populer & Praktis). PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Unduhan

Diterbitkan

2021-03-01

Terbitan

Bagian

Artikel