Peningkatan Kinerja UKM Laundry Melalui Marketing Mix

Authors

  • Suryanto Suryanto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jayakusuma Jakarta Indonesia
  • Yohanes Ferry Cahaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh marketing mix dalam meningkatkan kinerja UKM Laundry di Bekasi. Jenis penelitian adalah kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan sumber data primer dengan sampel pelaku UKM Laundry di Bekasi. Pengumpulan data menggunakan non probability sampling dengan teknik accidental sampling dimana dalam pengambilan sampelnya secara kebetulan ditemui pada saat itu, dengan menyebarkan kuisioner kepada 100 responden pelaku UKM Laundry di Bekasi. Data telah diolah menggunakan uji regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel harga, produk, dan promosi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UKM Laundry di Bekasi. Namun variabel tempat tidak berpengaruh terhadap kinerja UKM Laundry di Bekasi. Sehingga disarankan untuk meningkatkan promosi pada pelaku UKM Laundry di Bekasi.

References

Adi, P. H. (2019). Faktor yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian obat di apotek. Sustainable Competitive Advantage, 9(1), 407–414.

Anzar Susanti, D. (2016). Analisis pengaruh harga, promosi, pelayanan, dan kualitas produk online terhadap kepuasan konsumen online secara syariah. Analytica Islamica, 5(2), 368–393.

Arifah, E. R. F. (2020). Pengaruh label halal, kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan konsumen (studi kasus konsumen Safi cosmetics di Guardian Artos Mall Magelang).

Ayodya, Wulan (2019), UMKM 4.0, Strategi UMKM Memasuki Era Digital 4.0. PT Elekmedia Komputindo, Kompas Gramedia, Jakarta

Farahnur, V. prameswari. (2019). Analisis bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian produk The Body Shop outlet Pejaten Village Mall (Vol. 4).

Ghanimata, F. (2012). Analisis pengaruh harga, kualitas produk, dan lokasi terhadap keputusan pembelian pada pembeli produk bandeng Juwana Elrina Semarang.

Hilmi, R. (2018). Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian pada 212 Mart Banjarmasin. Jurnal Mitra Manajemen, 2(4), 273–285.

Izanah, A. (2020). Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Wardah (Studi pada mahasiswi FISIP Universitas Diponegoro). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), IX(Iii), 259–267.

Kementrian Koperasi dan UKM, 2019, Data UMKM di Indonesia

Khairi, N. W. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan, harga, kelengkapan produk, dan lokasi terhadap kepuasan konsumen koperasi pegawai Republik Indonesia OMI Swalayan.

Koestanti, E. D., & Nainggolan, K. (2015). Faktor-faktor bauran pemasaran, yang mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli produk kosmetik Oriflame. Jurnal Ecodemica, 3(2), 501–515.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of marketing. In Pearson.

Lengkong, F., Sepang, J., & Tulung, J. (2017). Analisis strategi bauran pemasaran eceran (retail marketing mix) yang menentukan tingkat kepuasan konsumen (studi pada perusahaan Matahari Dept. Store Mtc Manado). Jurnal EMBA, 5(3), 4385–4394.

Lubis, S. L. (2017). Analisis strategi bauran pemasaran eceran (retail marketing mix) terhadap tingkat kepuasan konsumen pada Swalayan Rahmat Syariah Padangsidimpuan). Jurnal LPPM UGN Vol. 7 No. 3 Maret 2017, 7(3).

Marendra, I. G. (2018). Pengaruh bauran pemasaran (produk, harga, lokasi, dan promosi) terhadap keputusan pembelian konsumen di minimarket (Alfamart atau Indomaret). Jurnal Pemasaran Kompetitif, 1(3), 2598–2823.

Nasution, A. E., Putri, L. P., & Lesmana, M. T. (2019). Analisis pengaruh harga, promosi, kepercayaan dan karakteristik konsumen terhadap keputusan pembelian konsumen pada 212 Mart di kota Medan. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 194–199.

Nur, Z. (2016). Pengaruh kualitas produk dan pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Perdana Swalayan Medan (studi kasus tentang produk dan pelayanan berbasis nilai-nilai syariah).

Passileva, R., & Al Musadieq, M. (2018). Analisis strategi bauran pemasaran internasional produk baju busana Muslim (Studi pada PT. Vuza Tamma Abadi). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 57(1), 170–179.

Prastuti, H. (2017). Pengaruh retail mix terhadap kepuasan konsumen (studi kasus konsumen toserba laris Kartasura).

Sagita, A. E., Najib, M., & Yasid, M. (2020). Marketing mix dan karakteristik konsumen terhadap keputusan pembelian dan kepuasan pelanggan pada salon Muslimah di kota Bogor. Jurnal Syarikah, 6, 47–57.

Sari, M. P., Rachman, L. A., Ronaldi, D., & Sanjaya, V. F. (2020). Pengaruh harga, promosi, dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian produk YOU. Jurnal Manajemen Dan Bisnis (JMB), 2(1), 1–8.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D.

Susanti, F., & Gunawan, A. C. (2019). Pengaruh bauran promosi dan harga terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Maybelline di kota Padang.

Wangko, M. C. (2013). Pengaruh strategi bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian mobil Panther pada PT Astra internasional Izuzu Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3), 541–549.

Wati, A. L. (2019). Analisis pengaruh kualitas produk, harga dan intensitas promosi terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk kosmetik Wardah (studi kasus pada konsumen kosmetik Wardah di sekitar Klaten).

Weenas, J. (2013). Kualitas produk, harga, promosi dan kualitas pelayanan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian spring bed comforta. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4), 607–618.

Wirtz, J., & Lovelock, C. (2016). Services marketing: people, technology, strategy.

Yulianto, C. (2017). Pengaruh kualitas produk, lokasi, dan promosi terhadap kepuasan pada pelanggan bebek goreng krispi “Begok†di Pare (Vol. 01). Universitas Nusantara Persatuan Guru Republik Indonesia.

Yunefa, A., & Sabardini, S. E. (2020). Pengaruh kualitas produk, harga, dan iklan terhadap keputusan pembelian produk lipstik Emina di Yogyakarta. Cakrawangsa Bisnis, 1(2), 171–186.

Downloads

Published

07-07-2022

How to Cite

Suryanto, S., & Cahaya, Y. F. (2022). Peningkatan Kinerja UKM Laundry Melalui Marketing Mix. Seminar Nasional Riset Ekonomi Dan Bisnis, 1(1). Retrieved from https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/Semnas/article/view/1205