Pengaruh Persepsi Harga, Promosi Penjualan, dan Citra Merek Terhadap Kepuasan untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan (Studi kasus pada pengguna SIMCARD Telkomsel di Jabodetabek)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Persepsi Harga, Promosi Penjualan dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat di Jabodetabek yang menggunakan SIMCARD Telkomsel. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 125 sampling dengan teknik yang digunakan adalah non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data primer didapatkan dari kuesioner yang disebar menggunakan Google Form. Dalam penelitian ini melakukan pengujian validitas dan reliabilitas menggunakan uji pearson product moment dan statistik Cronbach alpha, teknik Analisis Asumsi Klasik dan metode Uji Regresi Linear Berganda. Untuk menguji hipotesis menggunakan Uji t, Uji Koefisien Determenasi (R2) dan Uji f. Pengolahan data primer menggunakan IBM SPSS Version 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Persepsi Harga, Promosi Penjualan, dan Citra Merek berpengaruh positif terhadap Kepuasan. Variabel intervening yaitu Kepuasan berpengaruh positif terrhadap Loyalitas Pelanggan.
References
Abdilla, Mohammad, and Erdasti Husni. 2018. “Pengaruh Persepsi Harga Dan Purchase Intention Terhadap Purchase Decision Konsumen Di Barbershop ‘X’ Kota Padang.†Journal of Chemical Information and Modeling 53 (9): 1689–99. https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menaraekonomi/article/view/688.
Adi, I Made, and Tjokorda Gde Raka Sukawati. 2018. “Pengaruh Persepsi Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen.†E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana 7 (11): 5955. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v07.i11.p06.
Alireza Aghighi, Mahsa Familmaleki. 2015. “Analyzing the Influence of Sales Promotion on Customer Purchasing Behavior.†International Journal of Economics and Management Sciences 04 (04). https://doi.org/10.4172/2162-6359.1000243.
Anggriana, Rina, Nurul Qomariah, and Budi Santoso. 2017. “Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Ojek Online ‘Om-Jek’ Jember.†JSMBI ( Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia ) 7 (2): 137–56.
Bayu, Dewa Chrisdewana. 2018. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Penjualan Jasa Grabcar Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Wisatawan Di Yogyakarta).†Perspektif 16 (1): 1–6.
Bismala, Ridho Pahlawan Tobing dan Lila. 2015. “Pengaruh Citra Merek Dan Periklanan Terhadap Keputusan Pembelian Polis Asuransi.†VISA: Journal of Vision and Ideas 2 (1): 53–62. https://doi.org/10.47467/visa.v2i1.813.
Candra, Rendy Aji Widodo, and Muchsin Shihab Saggaff. 2016. “Membangun Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Dan Persepsi Harga Untuk Mendukung Word of Mouth Melalui Kepuasan.†Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya 14 (1): 1–16.
Chao, Ren-fang, Tai-Chi Wu, and Wei-Ti Yen. 2015. “The Influence of Service Quality , Brand Image , and Customer Satisfaction on Customer Loyalty for Private Karaoke Roomsin Taiwan.†The Journal of Global Business Management 11 (1): 59–67.
Dennisa, Eugenia Andrea, and Suryono Budi Santoso. 2016. “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Klinik Kecantikan Cosmedic Semarang).†Diponegoro Journal of Management 5 (3): 1–13. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr.
Eka, Sapitri, Sampurno, and Hayani Iha. 2020. “Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pelanggan Minyak Telon Cussons Baby Di DKI Jakarta.†Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi 4 (2): 231–40. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/583.
Fachry, Frisky. 2020. “Batik Karawang Di Ramayana Mall , Karawang the Influence of Pembelian Batik Karawang†2 (October). file:///C:/Users/ACER/Downloads/jurnalfrisky.pdf.
Firatmadi, Agung. 2017. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan.†Journal of Business Studies 2 (2): 2443–3837. http://journal.uta45jakarta.ac.id/index.php/jbsuta/article/viewFile/959/667.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
———. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gultom, Dedek Kurniawan; Arif, Muhammad; Fahmi Muhammad. 2020. “Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan Dedek.†MANEGGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen 3 (2): 273–82. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/MANEGGIO.
Gunardi, Charlie Giovani, and Rezi Erdiansyah. 2019. “Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Mangkok Ku.†Prologia 3 (2): 456. https://doi.org/10.24912/pr.v3i2.6387.
H. Buchari Alma. 2016. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Handayani, Estu, Mohamad Dedi, Pengaruh Promosi, Wisata Bahari, Dan Kualitas Pelayanan, Terhadap Peningkatan, Jumlah Kunjungan, et al. 2017. “Pengaruh Promosi Wisata Bahari Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Peningkatan Jumlah Kunjungan Wisatawan Di Pelabuhan Muncar Banyuwangi.†Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil 7 (2): 2. https://mikroskil.ac.id/ejurnal/index.php/jwem/article/view/494.
Handoko, Bagus. 2017. “Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Titipan Kilat JNE Medan.†Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis 18 (1): 61–72. https://doi.org/10.30596/jimb.v18i1.1098.
Haris, Dani. 2018. “Kualitas Dan Desain Produk Dalam Meningkatkan Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Baju Dagadu Yogyakarta).†Upajiwa Dewantara 2 (2): 125–39. https://doi.org/10.26460/mmud.v2i2.3265.
Keller, Kotler &. 2016. Marketing Management. 15th ed. New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.
Kotler, P. & Keller, K.L. 2016a. Marketing Management. United States: Pearson Education.
———. 2016b. Marketing Management. 16th ed. New Jersey: Pearson.
Lexy j. Moleong. n.d. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revi. PT. Remaja Rosdakarya.
Lusiah, Djatmiko Noviantoro, dan Adhitya Akbar. 2019. “Peran Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Jasa Transportasi Online.†Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi 5 (1): 1. https://doi.org/10.35697/jrbi.v5i1.1611.
Maulana, Ade Syarif. 2016. “Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan.†Jurnal Mitra Manajemen 2 (5): 522–35. https://doi.org/10.52160/ejmm.v2i5.157.
Nalendra, Aloysius Rangga Aditya. 2020. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan.†Manager : Jurnal Ilmu Manajemen 2 (4): 487. https://doi.org/10.32832/manager.v2i4.3795.
Nanincova, Niken. 2019. “Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Noach Cafe And Bistro.†Agora 7 (2): 1–5. https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/8734/7880.