ANALYSIS OF THE FACTORS THAT INFLUENCE THE INTEREST IN USING E-MONEY ON THE LINKAJA APPLICATION DURING THE COVID 19 PANDEMIC (CASE STUDY AT THE BUSINESS UNIT OF THE UNIVERSITY OF MUHAMMADIYAH SIDENRENG RAPPANG)

Penulis

  • Suryaningsih Suryaningsih Universitas Borneo Tarakan
  • Bahtiar Herman Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Wahyuni Saleh Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang

DOI:

https://doi.org/10.30736/jpim.v7i3.1273

Kata Kunci:

Business Expectations, Trust, Social Influence, Service Features and interest in using e-money

Abstrak

Kami ingin menyampaikan artikel penelitian orisinal berjudul “Analysis Of The Factors That Influence The Interest In Using E-Money On The Linkaja Application During The Covid 19 Pandemic (Case Study At The Business Unit Of The University Of Muhammadiyah Sidenreng Rappang)†untuk dipertimbangkan oleh JPIM: Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen. Kami mengonfirmasi bahwa karya ini asli dan belum dipublikasikan di tempat lain, juga tidak sedang dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain.Dalam tulisan ini, kami laporkan bahwa hasil pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor Ekspektasi Bisnis, Kepercayaan, Pengaruh Sosial, dan Fitur Layanan terhadap minat menggunakan uang elektronik berbasis e-money (LINKAJA). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Ekspektasi Bisnis, Kepercayaan, Pengaruh Sosial, dan Fitur Layanan terhadap minat menggunakan uang elektronik berbasis e-money (LINKAJA).

Biografi Penulis

Bahtiar Herman, Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang

Kewirausahaan

Wahyuni Saleh, Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang

Bisnis Digital

Referensi

Aksami, N. M. D., & Jember, I. M. (2019). Analisis Minat Penggunaan Layanan E-Money pada Masyarakat Kota Denpasar. E-Jurnal EP Unud, 8(9), 2439– 2470.

Diana, N. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Penggunaan Electronic Money Di Indonesia. Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Firman Katon, U. Y. (2020). FENOMENA CASHLESS SOCIETY DALAM PANDEMI COVID-19 (KAJIAN INTERAKSI SIMBOLIK PADA GENERASI MILENIAL). jurnal Signal, 8(2). http://jurnal.ugj.ac.id/index.php/Signal/article/view/3490/0

Gunawan, H. (2019). Assesment of the Readiness of Micro, Small and Medium Enterprises in Using E-Money Using the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) Method. Procedia Computer Science, 161, 316–323.

Handayani, R. (2017). Analisis Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Minat Pemanfaatan Sistem Informasi dan Penggunaan Sistem Informasi (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Jakarta). Universitas Diponegoro.

Ipsos. (2020). Evolusi Dompet Digital Menuju Keberlanjutan Bisnis. https://www.ipsos.com/en-id/ipsos-media-conference-strategi-menang-tanpa-bakar-uang

Luna, D. (2019). Mobile payment is not all the same: The adoption of mobile payment systems depending on the technology applied. Technological Forecasting and Social Change. 931–944. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2018.09.018

Mayer, R.C., Davis, J. H., dan S. (n.d.). An Integratif Model of Organizational Trust. Academy of Management Review, 30(3), 709–734.

Meileny & Wijaksana. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan Dan Kepercayaan Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Linkaja Di Indonesia. Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis.

Rosmauli. (2017). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan E-Money Card. Universitas Negeri Jakarta.

Suputra, P. &. (2019). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Tingkat Kepercayaan Pada Minat Menggunakan Uang Elektronik. E-Jurnal Akuntansi.

Wibowo, S. F., Rosmauli, D., & Suhud, U. (n.d.). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan E-Money Card (Studi Pada Pengguna Jasa Commuterline Di Jakarta). Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 1, 440. https://doi.org/10.21009/jrmsi.006.1.06

Diterbitkan

2022-10-05

Cara Mengutip

Suryaningsih, S., Herman, B., & Saleh, W. (2022). ANALYSIS OF THE FACTORS THAT INFLUENCE THE INTEREST IN USING E-MONEY ON THE LINKAJA APPLICATION DURING THE COVID 19 PANDEMIC (CASE STUDY AT THE BUSINESS UNIT OF THE UNIVERSITY OF MUHAMMADIYAH SIDENRENG RAPPANG). JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen), 7(3), 375–384. https://doi.org/10.30736/jpim.v7i3.1273