Pengaruh Faktor Pendorong dan Penarik Minat Wisata Halal ke Luar Negeri dengan Religiusitas sebagai Variabel Moderator

Penulis

  • Shofiyah Rahmah Muthmainnah Telkom University
  • R. Nurafni Rubiyanti Telkom University

DOI:

https://doi.org/10.30736/jpim.v5i3.361

Abstrak

Wisata halal merupakan alternatif bagi pasar muslim yang ingin mendapatkan tidak hanya kebutuhan wisata akan tetapi juga kebutuhan spiritual disertai dengan tersedianya fasilitas wisata yang sesuai hukum dan syariat Islam. Pada tahun 2019 Indonesia menjadi nomor satu destinasi pariwisata halal terbaik dunia versi GMTI namun disamping itu jumlah wisatawan nasional yang lebih memilih ke luar negeri pada tahun 2019 menembus angka 10 juta orang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Metode analisis data menggunakan (SEM-PLS) dan diolah menggunakan SmartPLS. Hasil yang didapat menunjukkan bahwa faktor pendorong tidak berpengaruh terhadap minat melainkan lebih ditentukan oleh faktor penarik dan religiusitas tidak memoderasi hubungan antara variabel.

Referensi

Azman, H. A. (2019). Pengaruh Push and Pull Factors terhadap Kunjungan Wisatawan di Bukittinggi. Jurnal Benefita, 182-195.

Brian Kee Mun Wong, G. M. (2017). Malaysia My Second Home: The Influence of. Tourism Management.

Cheriatna. (2018). Laris Manis Wisata Halal. Jakarta.

I Gede Pitana, P. G. (2005). Sosiologi Pariwisata. Yogyakarta: Andi.

Irianto, Y. (2017). Pengaruh Faktor Pendorong dan Penarik Terhadap Minat Kembali Wisatawan dengan Kepuasan Destinasi sebagai Mediator.

Jaelani, A. (2017). Halal Tourism Industry in Indonesia: Potential and Prospects. International Review of Management and Marketing.

Latan, I. G. (2014). Partial Least Squares Konsep, Teknik, dan Aplikasi Menggunakan program SmartPLS 3.0. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Nasrullah, M. (2015). Islamic Branding, Religiusitas dan Keputusan Konsumen Terhadap Produk. Jurnal Hukum Islam.

Ni Wayan Ana Prandya Dewi, M. S. (2017). Faktor Pendorong dan Penarik Orang Bali Berwisata Ke Luar Negeri. Jumpa.

Putri, L. A. (2018). Analisis Persepsi Kualitas dan Pengetahuan Konsumen Terhadap Sikap Konsumen Produk Kosmetik Halal, Agama sebagai variabel Moderator.

Siripen Yiamjanya, K. W. (2014). International Tourists’ Travel Motivation by Push-Pull Factors and The Decision Making for Selecting Thailand as Destination Choice. International Journal of Humanities and Social Sciences.

Suherlan, A. (2015). Persepi Masyarakat Jakarta Terhadap Islamic Tourism. The Journal of Tauhidinomics.

Tewfik Mohammed Hazaea Hasan, A. P. (2018). The Influence of Travel Motivation on Satisfaction and Intention to Visit Trengganu. International Journal of Engineering and Technology, 480-483.

Widagdyo, K. G. (2015). Analisis Pasar Pariwisata Halal Indonesia. Jurnal of Tauhidinomics.

Unduhan

Diterbitkan

2020-10-26

Cara Mengutip

Muthmainnah, S. R., & Rubiyanti, R. N. (2020). Pengaruh Faktor Pendorong dan Penarik Minat Wisata Halal ke Luar Negeri dengan Religiusitas sebagai Variabel Moderator. JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen), 5(3), 274–285. https://doi.org/10.30736/jpim.v5i3.361