APAKAH CYBERLOAFING MEMPENGARUHI KINERJA DOSEN DI INDONESIA?

Authors

  • Romi Ilham Universitas Hayam Wuruk Perbanas
  • Achmad Saiful Ulum Universitas Hayam Wuruk Perbanas
  • Cantika Sari Siregar Universitas Hayam Wuruk Perbanas

DOI:

https://doi.org/10.30736/jpim.v6i2.758

Keywords:

Cyberloafing, innovative works behavior, lecturer performance

Abstract

Teknologi internet saat ini sudah dirasakan oleh berbagai pihak, seperti maraknya media sosial, youtube dan instant messenger. Hal tersebut berdampak pada perilaku kerja dosen yang inovatif. Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi di Indonesia melalui penerapan Indeks Sains dan Teknologi (SINTA) mencatat hanya 1.551 dari 4.200 guru besar dan 2.517 dari 17.133 Guru Besar Madya yang lulus persyaratan publikasi. Oleh karena itu penelitian ini sangat penting dilakukan untuk mengetahui pengaruh cyberloafing terhadap perilaku innovative works behaviour (IWB) dan bagaimana pengaruh terhadap kinerjanya. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui metode survei, dengan jumlah sampel 230 responden dosen dan analisis menggunakan algoritma SEM-PLS. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa cyberloafing secara positif memoderasi IWB terhadap kinerja penelitian dosen, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan internet yang salah berdampak pada rendahnya penelitian dosen.

Published

2021-06-25

How to Cite

Ilham, R., Saiful Ulum, A., & Sari Siregar, C. (2021). APAKAH CYBERLOAFING MEMPENGARUHI KINERJA DOSEN DI INDONESIA?. JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen), 6(2), 162–181. https://doi.org/10.30736/jpim.v6i2.758