PENGARUH KEPERCAYAAN DAN PERCEIVED OF RISK TERHADAP NIAT BERBELANJA ONLINE (INSTAGRAM) PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KALANGAN MAHASISWA MANAJEMEN UNIVERSITAS DHARMAS INDONESIA

Authors

  • fenisi resty Universitas Dharmas Indonesia
  • Alpha Perdana Universitas Dharmas Indonesia
  • Ela Umi Fauziah Universitas Dharmas Indonesia
  • Mayroza Wiska Universitas Dharmas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30736/jpim.v6i3.820

Keywords:

Kepercayaan, Perceived of Risk, Niat, Covid-19, Instagram

Abstract

Abstrak

 

Penelitian ini  dilakukan  untuk  mengetahui  pengaruh  seperti  apa  dampak  yang  ditimbulkan  oleh  kepercayaan  dan  Perceived  of  Risk  terhadap  Niat  Berbelanja  Online  (Instagram)  pada  Masa  Pandemi  Covid-19  di  Kalangan  Mahasiswi  Manajemen  Universitas  Dharmas  Indonesia.  Tujuan  penelitian  ini  dilakukan  untuk  mengetahui  dan  menganalisis  serta  mengetahui  pengaruh  yang  ditimbulkan  oleh  kepercayaan  dan  Perceived  of  Risk  terhadap  Niat  Berbelanja  Online  (Instagram).  Metode  analisis  pada  penelitian  ini  adalah  metode  kuantitatif  dengan  pengambilan  data  menggunakan  kuisioner.  Teknik  Analisis  Data  dengan  Uji  Validitas,  Uji  Reabilitas  Instrumen,  Analisis  Korelasi,  Uji  Hipotesis,  Analisis  Regresi  Berganda,  Uji  Asumsi  Klasik,  Analisis Regresi  linear  Berganda. Yang  menjadi  populasi  dalam  penelitian  ini  yaitu  sebanyak  128  responden  dan  yang  menjadi  sampel  dalam  penelitian  ini  yaitu  sebanyak  81  yang  merupakan  mahasiswi  Manajemen  Universitas  Dharmas  Indonesia.  Berdasarkan  hasil  penelitian  yang  telah  dilakukan  oleh  peneliti  dapat  disimpulkan  bahwa  kepercayaan  berpengaruh  signifikan  terhadap  variabel  terikat  yaitu  niat  berbelanja  online  pada  Instagram.  Selain  itu  terdapat  pengaruh  signifikan  antara  variabel  perceived  of  risk  terhadap  niat  berbelanja  pada  kalangan  mahasiswi  Manajemen  Universitas  Dharmas  Indonesia.  Berdasarkan  hasil  uji  F  diperoleh  hasil  bahwa  kepercayaan  (X1)  dan  perceived  of  risk  (X2)  berpengaruh  signifikan  secara  simultan  terhadap  niat  berbelanja  online  (Instagram) (Y).

 

 

 

 

 

 

 

 

Abstract

 

The Research do for knowing influence as what impact that caused by believe and perceive of risk and Interest to Shop by online (Instagram) during pandemic time Covid-19 in circle Student Management University Dharmas Indonesia. Porposes the research are for knowing and analyze and knowing influence that caused by believe and to Interest Perceived of risk  onlineshop (Instagram). Method analysis on this research is method quantitative with taking data use questionaire. Data analysis techniques with validity test, instrument reliability test, correlation analysis, hypothesis testing, multiple regression analysis, classical assumption test, multiple linear regression analysis. That becomes population in this research that is as much 128 respondent and that Becomes sample in the research is as much 81 Dharmas Indonesia University Management student. Based on result research that has been done by researcher could is conclusion that trust take effect significant variable bound that is interest shop by online Instagram. Besides that there are significant influence Among variables perceived of risk interest shop on circle student Management University Dharmas Indonesia. Based on result test Fiobtained result that trust (X1) and perceived of risk (X2) take effect significant by simultaneous to interest onlineshop (Instagram)(Y).

 

 

 

 

Author Biography

fenisi resty, Universitas Dharmas Indonesia

Fakultas Hukum dan Ekonomi Bisnis

References

Anwar, R., & Adidarma, W. (2016). Pengaruh Kepercayaan dan Risiko pada Minat Beli Belanja Online. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwajaya Vol 14 No 2,14,2.

Dede Mustomi, Aprilia Puspasari, Ayu Azizah, D. W. (2020). Analisis Belanja Online di Kalangan Mahasiswa pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Akrab Juaravol 5 No 4,21(1),1–9. http://mpoc.org.my/malaysian-palm-oil-industry/

Haekal, A., & Widjajanta, B. (2016). Pengaruh Kepercayaan dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Membeli secara Online pada Pengunjung Website Classifieds di Indonesia. Journal of Business Management Enterpreneurship Education Vol 1 No 1,1(1),183–195. https://doi.org/10.17509/jbme.v1i1.2287

Jati Ariwibowo, D. P., & Nugroho, M. A. (2013). Pengaruh Trust Dan Perceived of Risk Terhadap Niat Untuk Bertransaksi Menggunakan E-Commerce. Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 2(1),11–35. https://doi.org/10.21831/nominal.v2i1.1646

Jaya, K. R. (2020). Pengaruh People, Process, Dan Physical Evidence Terhadap Kualitas Murid Di Sekolah Musik Indonesia (Smi) Sidoarjo. STIE Mahardhika.

Lestari, S. P., & Hidayati, M. (2020). Online Shop Yang Dilakukan Oleh Mahasiswa Di Kota Semarang Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah UNTAG Semarang Vol 9 No 2,9(2),132–148.

Mulyadi. (2019). Persepsi dan Perilaku Konsumen Terhadap Online Shopping.

Rahmadi, H., & Malik, D. (2018). Pengaruh Kepercayaan dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian E-Commerce Pada Tokopedia.com di Jakarta Pusat. Jurnal Ilmiah Untuk Mewujudkan Masyarakat Madani Vol 3 No 1,3(1),126–145.

https://doi.org/10.31334/.v3i1.100

Resty, F., & Wiska, M. (2021). Pengaruh Kepercayaan dalam Mediasi Perceived of Risk terhadap Niat Berbelanja Online di Media Sosial Instagram (Studi pada Wanita di Kota Padang). Jurnal Manajemen Universitas Bung Hatta, 16(1), 31–40.

Rubianti, R. (2014). Minat Membeli di Media Online di Tinjau dari Tipe Kepribadian. Jurnal Online Pesikologi, Vol 2(1).

Sari, C. A. (2015). Perilaku Berbelanja Online Di Kalangan Mahasiswi Antropologi Universitas Airlangga. Jurnal Antro Unair,4(2),205–216.

Tilaar, Florida, S.L.H.V. Joyce Lapian, F. R. (2018). Pengaruh Kepercayaan dan Motivasi Terhadap Minat Beli Pegguna Shopee Secara Online pada Anggota Pemuda GMIM Zaitun Mahakeret. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi Vol 6 No 4,6(4),2028–2037. https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.0932

Published

2021-10-31

How to Cite

resty, fenisi, Perdana, A., Fauziah, E. U., & Wiska, M. (2021). PENGARUH KEPERCAYAAN DAN PERCEIVED OF RISK TERHADAP NIAT BERBELANJA ONLINE (INSTAGRAM) PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KALANGAN MAHASISWA MANAJEMEN UNIVERSITAS DHARMAS INDONESIA. JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen), 6(3), 215–226. https://doi.org/10.30736/jpim.v6i3.820