PENGARUH KEPERCAYAAN DAN PERCEIVED OF RISK TERHADAP NIAT BERBELANJA ONLINE (INSTAGRAM) PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KALANGAN MAHASISWA MANAJEMEN UNIVERSITAS DHARMAS INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.30736/jpim.v6i3.820Keywords:
Kepercayaan, Perceived of Risk, Niat, Covid-19, InstagramAbstract
Abstrak
Â
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh seperti apa dampak yang ditimbulkan oleh kepercayaan dan Perceived of Risk terhadap Niat Berbelanja Online (Instagram) pada Masa Pandemi Covid-19 di Kalangan Mahasiswi Manajemen Universitas Dharmas Indonesia. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis serta mengetahui pengaruh yang ditimbulkan oleh kepercayaan dan Perceived of Risk terhadap Niat Berbelanja Online (Instagram). Metode analisis pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pengambilan data menggunakan kuisioner. Teknik Analisis Data dengan Uji Validitas, Uji Reabilitas Instrumen, Analisis Korelasi, Uji Hipotesis, Analisis Regresi Berganda, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi linear Berganda. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini yaitu sebanyak 128 responden dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 81 yang merupakan mahasiswi Manajemen Universitas Dharmas Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat yaitu niat berbelanja online pada Instagram. Selain itu terdapat pengaruh signifikan antara variabel perceived of risk terhadap niat berbelanja pada kalangan mahasiswi Manajemen Universitas Dharmas Indonesia. Berdasarkan hasil uji F diperoleh hasil bahwa kepercayaan (X1) dan perceived of risk (X2) berpengaruh signifikan secara simultan terhadap niat berbelanja online (Instagram) (Y).
Â
Â
Â
Â
Â
ÂÂ
Â
Abstract
Â
The Research do for knowing influence as what impact that caused by believe and perceive of risk and Interest to Shop by online (Instagram) during pandemic time Covid-19 in circle Student Management University Dharmas Indonesia. Porposes the research are for knowing and analyze and knowing influence that caused by believe and to Interest Perceived of risk onlineshop (Instagram). Method analysis on this research is method quantitative with taking data use questionaire. Data analysis techniques with validity test, instrument reliability test, correlation analysis, hypothesis testing, multiple regression analysis, classical assumption test, multiple linear regression analysis. That becomes population in this research that is as much 128 respondent and that Becomes sample in the research is as much 81 Dharmas Indonesia University Management student. Based on result research that has been done by researcher could is conclusion that trust take effect significant variable bound that is interest shop by online Instagram. Besides that there are significant influence Among variables perceived of risk interest shop on circle student Management University Dharmas Indonesia. Based on result test Fiobtained result that trust (X1) and perceived of risk (X2) take effect significant by simultaneous to interest onlineshop (Instagram)(Y).
Â
Â
ÂÂ
References
Anwar, R., & Adidarma, W. (2016). Pengaruh Kepercayaan dan Risiko pada Minat Beli Belanja Online. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwajaya Vol 14 No 2,14,2.
Dede Mustomi, Aprilia Puspasari, Ayu Azizah, D. W. (2020). Analisis Belanja Online di Kalangan Mahasiswa pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Akrab Juaravol 5 No 4,21(1),1–9. http://mpoc.org.my/malaysian-palm-oil-industry/
Haekal, A., & Widjajanta, B. (2016). Pengaruh Kepercayaan dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Membeli secara Online pada Pengunjung Website Classifieds di Indonesia. Journal of Business Management Enterpreneurship Education Vol 1 No 1,1(1),183–195. https://doi.org/10.17509/jbme.v1i1.2287
Jati Ariwibowo, D. P., & Nugroho, M. A. (2013). Pengaruh Trust Dan Perceived of Risk Terhadap Niat Untuk Bertransaksi Menggunakan E-Commerce. Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 2(1),11–35. https://doi.org/10.21831/nominal.v2i1.1646
Jaya, K. R. (2020). Pengaruh People, Process, Dan Physical Evidence Terhadap Kualitas Murid Di Sekolah Musik Indonesia (Smi) Sidoarjo. STIE Mahardhika.
Lestari, S. P., & Hidayati, M. (2020). Online Shop Yang Dilakukan Oleh Mahasiswa Di Kota Semarang Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah UNTAG Semarang Vol 9 No 2,9(2),132–148.
Mulyadi. (2019). Persepsi dan Perilaku Konsumen Terhadap Online Shopping.
Rahmadi, H., & Malik, D. (2018). Pengaruh Kepercayaan dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian E-Commerce Pada Tokopedia.com di Jakarta Pusat. Jurnal Ilmiah Untuk Mewujudkan Masyarakat Madani Vol 3 No 1,3(1),126–145.
https://doi.org/10.31334/.v3i1.100
Resty, F., & Wiska, M. (2021). Pengaruh Kepercayaan dalam Mediasi Perceived of Risk terhadap Niat Berbelanja Online di Media Sosial Instagram (Studi pada Wanita di Kota Padang). Jurnal Manajemen Universitas Bung Hatta, 16(1), 31–40.
Rubianti, R. (2014). Minat Membeli di Media Online di Tinjau dari Tipe Kepribadian. Jurnal Online Pesikologi, Vol 2(1).
Sari, C. A. (2015). Perilaku Berbelanja Online Di Kalangan Mahasiswi Antropologi Universitas Airlangga. Jurnal Antro Unair,4(2),205–216.
Tilaar, Florida, S.L.H.V. Joyce Lapian, F. R. (2018). Pengaruh Kepercayaan dan Motivasi Terhadap Minat Beli Pegguna Shopee Secara Online pada Anggota Pemuda GMIM Zaitun Mahakeret. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi Vol 6 No 4,6(4),2028–2037. https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.0932
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Artiket yang sudah diterbitkan di dalam jurnal JPIM adalah bersifat akses terbuka untuk umum dan untuk Hak cipta sepenuhnya milik Penerbit