Analysis of Factors Influencing Decisions to Use Financial Technology (GoPay) in Gresik Regency

Penulis

  • Senja Clara Santi Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Moh Agung Surianto Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Eva Desembrianita Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Muhammad Rosyihuddin Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30736/jpim.v6i3.834

Kata Kunci:

Kemudahan Penggunaan, Risiko yang Dirasakan, Kelompok Rujukan, Keputusan Penggunaan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemudahan penggunaan, risiko tang dirasakan, dan kelompok rujukan terhadap keputusan penggunaan financial technology (GoPay) di Kabupaten Gresik. Penelitian ini termasuk penelitan kuantitatif, Lokasi penelitian di Kabupaten Gresik dengan jumlah responden berjumlah 100 orang responden, mengunakan random sampling. Hasil dari penelitian ini dianalisis dengan analisis regresi linear berganda melalui uji instrument, asumsi klasik, dan kemudian pembuktian hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil penelitian bahwa kemudahan penggunaan berpengaruh terhadap keputusan penggunaan. Risiko yang dirasakan berpengaruh terhadap keputusan penggunaan. Kelompok rujukan berpengaruh terhadap keputusan penggunaan. Berdasarkan hasil dari penelitian membuktikan bahwa kesemua hipotesis dapat diterima (kemudahan penggunaan, risiko yang dirasakan terhadap keputusan penggunaan financial technology GoPay). Diharapkan hasil penelitian ini dapat meningkatkan keputusan penggunaan financial technology (GoPay) di Kabupaten Gresik.

Referensi

Adityo, B., & Khasanah, I. (2011). Analisis pengaruh kepercayaan, kemudahan dan kualitas informasi terhadap keputusan pembelian secara on line di situs KASKUS (Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro).

Apriliani, E. P. (2013). Pengaruh Risiko Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kepercayaan Konsumen. JDM (Jurnal Dinamika Manajemen), 4(2).

Apriyandani et al,(2017). Pengaruh Gaya Hidup dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Angkatan 2014 & 2015 Universitas Brawijaya Malang yang Membeli dan Menggunakan Smartphone iPhone). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 50 No. 2.

Asmayunita, Y., Rachma, N., & Hufron, M. (2020). Pengaruh Ekuitas Merek, Kelompok Rujukan Dan Preferensi Merek Terhadap Keputusan Memilih Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Malang. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 9(10).

Assauri, S. (2011). Manajemen pemasaran.

Badir, M., & Andjarwati, A. L. (2020). The Effect of E-WOM, Ease of Use and Trust on Purchase Decisions (Study on Tokopedia Application Users). Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi.

Bintarto, E. (2018). Fintech dan Cashless Society: Sebuah Revolusi Mendongkrak Ekonomi Kerakyatan. Call For Essays, 1–77.

Davis, F.D. (1989). â€Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technologyâ€. MIS Quarterly.Vol. 13 No. 5: pp319-339.

Ghozali, Imam, 2011, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Spss, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Hayne, S. C., Wang, H., & Wang, L. (2015). Modeling Reputation as a Time-Series: Evaluating the Risk of Purchase Decisions on eBay. Decision Sciences.

Hsueh, S.C., Kuo C. H. (2017) Effective matching for p2p Lending by Mining Strong Association Rules. Proceedings of yhe 3rd International Conference on Industrial and Business Engineering p 30 -33.

Katon, F., & Yuniati, U. (2020). Fenomena Cashless Society Dalam Pandemi Covid-19 (Kajian Interaksi Simbolik Pada Generasi Milenial), Jurnal Signal Volume 8, No.2, hlm 89-214.

Komaladewi, R., & Indika, D (2017). A Review of Consumer Purchase Decision on Low Cost Green Car in West Java, Indonesia. Review of Integrative Business and Economics Research, Vol.6, no.2, pp.172-184.

Kotler, dan Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta:Erlangga.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2013). Principles of Marketing (16th Global Edition).

Lokobal, A., & Marthin, D. (2014). Manajemen Risiko pada Perusahaan Jasa Pelaksana Konstruksi di Propinsi Papua. Jurnal Ilmiah Media Engineering Vol.4 No.2 , 109-118.

Pribadiono, A. (2016). Transportasi Online vs Transportasi Tradisional Non-Online Persaingan Tidak Sehat Aspek Pemanfaatan Aplikasi Oleh Penyelenggara Online. Lex Jurnalica, 13(2), 146691.

Putritama, A. (2019). The mobile payment fintech continuance usage intention in Indonesia. Jurnal Economia, 15(2), 243-258.

Putritama, Afrida. (2019). The Mobile Payment Fintech Continuance Usage Intention in Indonesia. Jurnal Economia, Vol. 15, No. 2 243-258P-ISSN: 1858-2648 -ISSN: 2460-1152.

Schiffman, L., Kanuk, L (2008), Perilaku Konsumen. Jakarta. Indeks.

Shovkoplyas, H. M. (2017). Implementation of the Principles of Regulation of the Securities Market of the International Organization of Securities Commissions (IOSCO) and the Implementation of Such Principles in Ukraine. Theory & Prac. Juris., 12, 1.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suhir, M., Suyadi, I. and Riyadi (2014) ‘Pengaruh Persepsi Risiko, Kemudahan, dan Manfaat Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online (Survei Terhadap Pengguna Situs Website www.Kaskus.co.id)’, Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1).

Sukma, Abdurrahman Adi., 2012, Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Social Networking Websites, Jurnal Ekonomi Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma.

Sumarwan, Ujang. (2011). Perilaku konsumen: Teori dan Penerapan dalam Pemasaran, Faktor Psikografi. Galia Indonesia, Bogor.

Unduhan

Diterbitkan

2021-10-31

Cara Mengutip

Santi, S. C., Surianto, M. A., Desembrianita, E., & Rosyihuddin, M. (2021). Analysis of Factors Influencing Decisions to Use Financial Technology (GoPay) in Gresik Regency. JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen), 6(3), 256–270. https://doi.org/10.30736/jpim.v6i3.834