PENGARUH PENGEMBANGAN PRODUK DAN KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI MS GLOW STORE PUSAT LAMONGAN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengembangan produk dan komuniksi pemasaran terhadap kepuasan konsumen di MS Glow Store Pusat Lamongan, selain itu penelitian ini juga digunakan untuk menguji persamaan regresinya baik secara parsial, simultan maupun yang paling dominan diantara variabel pengembangan produk dan komuniksi pemasaran untuk meningkatkan kepuasan konsumen di MS Glow Store Pusat Lamongan. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang sudah melakukan pembelian produk selama 1 tahun terakhir sehingga sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Metode analisis data menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi liniear berganda, uji korelasi berganda,uji koefesien determinasi, uji t, dan uji f, Hasil dari uji t penelitian ini menunjukka bahwa terdapat pengaruh secara parsial dan signifikan antara Pengembangan Produk dan Komunikasi Pemasaran terhadap kepuasan Kepuasan Konsumen di MS Glow Store Pusat Lamongan. Hasil dari uji F Pengembangan Produk dan Komunikasi Pemasaran secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen di MS Glow Store Pusat Lamongan. Dan dari hasil persamaan regresi diatas menunjukkan bahwa variabel Pengembangan berpengaruh paling dominan terhadap kepuasan konsumen di MS Glow Store Pusat Lamongan.
References
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto. 2017. Metode Penelitian Uji Reabilitas. Penerbit PT. Raja Grafindo Persada Jakarta.
Bachtiar, 2011. Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Mahasiswa Dalam Memilih Politeknik Sawunggalih Aji Purworejo. Dinamika Sosial Ekonomi Vol 7. No.1.
Fernandha, Yaningwati & Azizah 2017. Pengaruh Pengembangan Produk Theme Park Dan Presepsi Harga Terhadap Kepuasan Wisatawan Pada Taman Rekreasi Selecta Batu. Jab Vol 43. No. 2 Februari 2017
Firmansyah,Anang 2019. Pemasaran Produk dan Merek. CV Qiara Media. Pasuruan. Jawa Timur.
Firmansyah,Anang. 2020. Komunikasi Pemasan. CV Qiara Media. Pasuruan. Jawa Timur.
Ghozali,Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 21,Ed 7. Semarang: Universitas Diponegoro.
Kotler & Amstrong. 2016. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid I Edisi Kedelapan. Jakarta :PenerbitErlangga.
Kotler & Keller. 2016. Manajemen Pemasaran, Jilid 1. Edisike 13. Jakarta Erlangga.
Kotler, Philip. 2016. Manajemen Pemasaran PT. Prenhallindo.Jakarta.
Kurniawan & Riska 2016. Pengaruh Pengembangan Produk Dan Pengemdalian Kualitas Terhadap Kinerja Perusahaan Pada PT Multipilar Balantika Tasikmalaya. Jem Vol 2. No.1 Mei 2016
Manurung & Mizy 2016. Pengaruh Pengembangan Produk Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Pada KFC Sudirman Pekan Baru. Jom Fisip. Vol 3. No.2 Oktober 2016
Najoan Chintia, Soegoto & Jane 2019. Pengaruh Kualitas Poduk dan Komunikasi Pemasaran Terhadap Citra Perusahaan Pada PT Oriflime Di Manado. Emba. Vol 7. No.2 April 2019
Nurudin. 2016. Ilmu Komunikasi Ilmiah dan Populer. Jakarta: PT.Raja Grafindo.Persada.
Oentoro, Dellyanti. 2016. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta Laksbang PRESSindo
Perdana, Echo. 2016. Olahan Data Skripsi Dengan SPSS 22. Bangka Belitung. Penerbit: Lab Kom Manajemen Fe UBB.
Purwanto.2017. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rohman. 2017. Dasar-Dasar Manajemen. Cetakan ke 1, Inteligensia Media, Malang.
Ruswaji, Sulaeman, MM. (2021). Development And Innovation Of Sendang Batik Design And Motivation During The New Normal Time With Siwalan Leaf And Fruit Motif. JHSS (Journal Of Humanities And Social Studies) 5 (3), 326-329
Satriya, G.2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen UD Beklet Basuki Rahmat Lamongan. Skripsi. Fakultas Ekonomi Manajemen.
Setiadi, Nugroho J. 2015. PerilakuKonsumen. Pranamedia Group. Jakarta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung.
Sulaeman, MM. Et.al. (2022). Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Anggota Pengguna Jasa Koperasi Simpan Pinjam Artha Niaga Sentosa Surabaya. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS) 3 (4), 892-895
Sulaeman, MM. & Harsono M. (2021). Supply Chain Ontology: Model Overview and Synthesis. Jurnal Mantik 5 (2), 790-799
Sulaeman, MM. (2020). Sosialisasi Kewirausahaan dalam Upaya Peningkatan UMKM Desa Palangan Kecamatan Karangbinangun Kabupaten Lamongan. Jurnal Abdimas Berdaya: Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan dan Pengabdian Masyarakat. Hal. 16-22
Swastha dan Irawan. 2017. Manajemen Pemasaran Modern, (Edisi II, Get.VHI),; Libert Yogyakarta.
Tahir, Anwar & Shafwana 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Komunikasi Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Depot Air Minum Isi Ulang. Meij Vol 3. No.2 Oktober 2014
Tjiptono, Fandy dan Greorius Chandra. 2012. Service Quality & Satidfaction Edisi ketiga. Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono, Fandy. 2016. Strategi Pemasaran edisi III. Yogyakarta : ANDI.
Winardi, 2016. Marketing dan Perilaku Konsumen. Bandung :Mandar Maju.