PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA UMKM MIE LIDI SUMBER REJEKI BABAT

Penulis

  • Rosi Dwi Adiba Unisla
  • Ratna Handayati Unisla
  • Dita Dhora Damayanti Unisla

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan pelanggan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan UMKM Mie lidi Sumber Rejeki Babat, selain itu penelitian ini juga digunakan untuk menguji persamaan regresi baik secara parsial, simultan maupun yang dominan diantara variabel kepercayaan pelanggan dan kepuasan pelanggan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan di UMKM Mie Lidi Sumber Rejeki Babat. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Hasil dari uji t penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara parsial dan signifikan antara kepercayaan pelanggan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan di UMKM Mie Lidi Sumber Rejeki Babat. Hasil uji F kepercayaan pelanggan dan kepuasan pelanggan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan di UMKM Mie Lidi Sumber Rejeki Babat. Dan dari persamaan regresi linear berganda variabel kepercayaan pelanggan berpengaruh paling dominan terhadap loyalitas pelanggan di UMKM Mie Lidi Sumber Rejeki Babat.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Kotler, Keller. 2016. Marketing Management. 15e. Boston, Pearson Education.

Kotler, Philip And Amstrong, Gary. 2016. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta.

Kotler, Philip Dan Keller, Kevin Lane. 2016. Marketing Management, Edisi 15. Pearson Education Inc.

Prof. Dr. H. Buchari Alma. 2013. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Alfabeta, Bandung.

Prof. Dr. Sugiyono 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Rahardja, Pratama. 2015 Teori Ekonomi Mikro Suatu Pengantar. Jakarta: FE UI.

Ruswaji, Sulaeman, MM. (2021). Development And Innovation Of Sendang Batik Design And Motivation During The New Normal Time With Siwalan Leaf And Fruit Motif. JHSS (Journal Of Humanities And Social Studies) 5 (3), 326-329

Sulaeman, MM. & Harsono M. (2021). Supply Chain Ontology: Model Overview and Synthesis. Jurnal Mantik 5 (2), 790-799

Sulaeman, MM. (2020). Sosialisasi Kewirausahaan dalam Upaya Peningkatan UMKM Desa Palangan Kecamatan Karangbinangun Kabupaten Lamongan. Jurnal Abdimas Berdaya: Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan dan Pengabdian Masyarakat. Hal. 16-22

Sulaeman, MM. Et.al. (2022). Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Anggota Pengguna Jasa Koperasi Simpan Pinjam Artha Niaga Sentosa Surabaya. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS) 3 (4), 892-895

Tambunan, Tulus, “Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia: isu-isu Pentingâ€, Jakarta : LP3ES, 2012.

Tjiptono, Fandy. 2014, Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta.

Unduhan

Diterbitkan

2022-07-01

Terbitan

Bagian

Artikel