PENGARUH HARGA, FASILITAS, DAN AKSESIBILITAS WISATA TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG DESTINASI WISATA PANTAI MALDIVES LAMONGAN THE EFFECT PRICES, FACILITES, AND TOURISM ACCESSIBILITY ON THE SATISFACTION OF MALDIVES LAMONGAN BEACH DESTINATION VISITORS

Penulis

  • M. Syafril R.K Unisla
  • Ratna Handayati Unisla
  • Sabilar Rosyad Unisla

Abstrak

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh signifikan Harga, fasilitas, aksesibilitas wisata terhadap kepuasan pengunjung destinasi wisata pantai maldives lamongan baik itu secara parsial maupun silmultan dan untuk mengetahui kepuasan pengunjung terhadap variabel harga, fasilitas, aksesibilitas  yang mempunyai pengaruh dominan terhadap kepuasan pengunjung wisata pantai maldives lamongan. Penelitian ini juga menggunakan sampel sebanyak 100 sampel. dengan mengunakan teknik non probability sampling. serta pengumpulan data melalui koesioner,wawancara dan observasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, koefisiensi deteminasi ,uji t ,uji F.

hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa variabel harga, fasilitas, aksesibilitas baik secara silmultan berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung  di mana menghasilkan Fhitung mempunyai nilai lebih besar dari pada nilai Ftabel (179,064 >2,70) dan secara parsial variabel harga, fasilitas, aksesibilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung di mana X1= 2,161 >1,984, X2= 5,538>1,984, X3= 4,442 >1,984, Sedangkan dari uji regresi linier berganda didapat hasil Y= 0,563 + .0,200 X1 + 0,388 X2+ 0,179 X3, variabel (fasilitas) merupakan variabel yang mempunyai pengaruh yang paling dominan  terhadap kepuasan pengunjung karena variabel tersebut mempunyai nilai standar koefisiensiyang lebih besar jika dibandingkan dengan variabel lain

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Amelia.E., Yaskun.M., Sulaeman. MM. (2021). Pengaruh Karakteristik Pekerjaan, Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Konveksi CV. Star Nine Tritunggal. JEKMA 2 (4)

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian. Cetakan Ke-15. Jakarta: Pt. Rineka Cipta

Dzikrulloh.A, Muhtarom.A, Sulaeman. MM., Santoso, MHB. (2022).Pengaruh Marketing Mix (4P) Terhadap Keputusan Pembelian Dimediasi Kepuasan Konsumen Pada Usaha UMKM, EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis 10 (2), 833–840-833–840

Ghozali, I. (2013). Uji Koefisien Determinasi 5. Badan penerbit universitas Diponegoro: Semarang

Ghozali, (2016:193). Analisis uji f, Semarang. Caps

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IMB SPSS,22. Badan penerbit universitas Diponegoro: Semarang

Kotler, Philip, Keller, Kevin L. 2012. Marketing Manajemen edisi 14 Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Nurcholidah, L. & Sulaeman, MM. (2018). Comparative Consumer Perceptions To Purchase Decisions Of Drinking Water In Packed Brand Le Mineral And Aqua In Tikung, Lamongan Regency. JHSS (JOURNAL OF HUMANITIES AND SOCIAL STUDIES) 5 (3), 268-271

Ruswaji, Sulaeman, MM. (2021). Development And Innovation Of Sendang Batik Design And Motivation During The New Normal Time With Siwalan Leaf And Fruit Motif. JHSS (Journal Of Humanities And Social Studies) 5 (3), 326-329

Sugiyono (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet. Bandung

Sulistiyana dkk (2015) Pengaruh Fasilitas Wisata dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Museum Satwa). Jurnal Administrasi Bisnis |Vol. 25(1): 1-9

Sulaeman, MM. & Harsono M. (2021). Supply Chain Ontology: Model Overview and Synthesis. Jurnal Mantik 5 (2), 790-799

Sulaeman, Moh.Muklis. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Komsumen Pada Merek Cardinal Di Ramayana Bungurasih Sidoarjo, JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen) 3 (3), 747-822

Sulaeman, MM. (2020). Sosialisasi Kewirausahaan dalam Upaya Peningkatan UMKM Desa Palangan Kecamatan Karangbinangun Kabupaten Lamongan. Jurnal Abdimas Berdaya: Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan dan Pengabdian Masyarakat. Hal. 16-22

Sulaeman, MM. Et.al. (2022). Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Anggota Pengguna Jasa Koperasi Simpan Pinjam Artha Niaga Sentosa Surabaya. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS) 3 (4), 892-895

Sunyoto, 2011. Analisis uji asumsi klasik, Yogyakarta. Caps

Unduhan

Diterbitkan

2022-07-01

Terbitan

Bagian

Artikel