PENGARUH ONLINE CUSTOMER RIVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA SHOPEE (Studi Pada Mahasiswa Ekonomi Manajemen Semester Tujuh Universitas Islam Lamongan)

Authors

  • Miftahul Yani Mustaghfiroh Unisla
  • Titin Titin Unisla
  • M. Chusnul Khitam Unisla

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap keputusan pembelian pada shopee (studi pada mahasiswa ekonomi manajemen semester tujuh Universitas Islam Lamongan) dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian yang mana sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa ekonomi manajemen semester tujuh universitas islam lamongan.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap keputusan pembelian, apakah variabel Online Customer Review dan Online Customer Rating mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian secara parsial dan simultan. dan variabel mana yang dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian.

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, penelitian ini terdapat sejumlah 80 sampel yang diambil dari mahasiswa ekonomi manajemen semester tujuh Universitas Islam Lamongan. Teknik penarikan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan snowball sampling. Metode analisi data yang digunakan adalah : uji validitas, uji raliabilitas, asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, korelasi berganda, koefesien determinasi dan pengujian hipotesis uji t dan uji f.

Berdasarkan hasil analisis menggunakan SPSS 20 menyatakan bahwa : hasil uji t atau parsial diperoleh nilai t hitung lebih besar dari t tabel, sehingga dapat diketahui bahwa online customer review dan online customer rating berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian. Hasil uji f atau simultan diperoleh nilai f hitung lebih besar daripada f tabel hal ini menyatakan bahwa variabel online customer review dan online customer rating berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian dan hasil regresi linier berganda menunjukkan bahwa variable online customer review paling dominan terhadap keputusan pembelian

References

DAFTAR PUSTAKA

Amelia.E., Yaskun.M., Sulaeman. MM. (2021). Pengaruh Karakteristik Pekerjaan, Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Konveksi CV. Star Nine Tritunggal. JEKMA 2 (4)

Ananda, R. (2018). Statistik Pendidikan (Teori dan Praktik dalam Pendidikan). Medan: CV. Widya Puspita.

Arbaini, Zakaria, Marlina. 2020. Pengaruh consumer online rating dan riview terhadap keputusan pembelian pada pengguna marketplace tokopedia. Jurnal Bisnis dan Manajemen. Volume 7;1..

Dzulqarnain. I. 2019. Pengaruh fitur online customer review terhadap keputusan pembelian produk pada marketplace shopee. Skripsi. Jember:Program studi ilmu administrasi bisnis Universitas Jember.

Dzikrulloh.A, Muhtarom.A, Sulaeman. MM., Santoso, MHB. (2022).Pengaruh Marketing Mix (4P) Terhadap Keputusan Pembelian Dimediasi Kepuasan Konsumen Pada Usaha UMKM, EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis 10 (2), 833–840-833–840

Fitri Sari Mega Afma. 2019. Pengaruh kualias produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian sepatu bata pada toko sepatu bata mtc giant panam. Administrasi bisnis. Volume 6;5.

Ghozali, Imam. (2017). Aplikasi Analis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25, Edisi 9, Semarang.

Hardani, et al 2020. Metode Penelitian Kualitatf dan Kuantitaif. Cv. Pustaka Ilmu, Kalangan.

Latief, Nirwana. 2020. Pengaruh online costumer rating dan costumer review terhadap keputusan pembelian produk kosmetik di sociolla. Jurnal Mirai Management. Volume 06;142.

Nurcholidah, L. & Sulaeman, MM. (2018). Comparative Consumer Perceptions To Purchase Decisions Of Drinking Water In Packed Brand Le Mineral And Aqua In Tikung, Lamongan Regency. JHSS (JOURNAL OF HUMANITIES AND SOCIAL STUDIES) 5 (3), 268-271

Rizqillah Miftach. 2019. Pengaruh promosi, kualitas dan citra merk terhadap keputusan pembelian produk perlengkapan bayi Snobby di kota Batam. Jurnal Ilmiah Core. Halaman 98

Ruswaji, Sulaeman, MM. (2021). Development And Innovation Of Sendang Batik Design And Motivation During The New Normal Time With Siwalan Leaf And Fruit Motif. JHSS (Journal Of Humanities And Social Studies) 5 (3), 326-329

Sarastuti Dian. 2017. Strategi komunikasi pemasaran online produk busana muslim Queenova. Jurnal Visi Komunikasi. Volume 16 ;75-77.

Sugiyono. 2016. Metode penelitian pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung : Alfabeta.

Sulaeman, MM. & Harsono M. (2021). Supply Chain Ontology: Model Overview and Synthesis. Jurnal Mantik 5 (2), 790-799

Sulaeman, Moh.Muklis. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Komsumen Pada Merek Cardinal Di Ramayana Bungurasih Sidoarjo, JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen) 3 (3), 747-822

Sulaeman, MM. (2020). Sosialisasi Kewirausahaan dalam Upaya Peningkatan UMKM Desa Palangan Kecamatan Karangbinangun Kabupaten Lamongan. Jurnal Abdimas Berdaya: Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan dan Pengabdian Masyarakat. Hal. 16-22

Sulaeman, MM. Et.al. (2022). Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Anggota Pengguna Jasa Koperasi Simpan Pinjam Artha Niaga Sentosa Surabaya. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS) 3 (4), 892-895

Profil Shopee. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Shopee

______________ Profil Universitas Islam Lamongan 2000

Purwanto Nuri. 2019. Pengaruh perceived risk dan online costumer review terhadap keputusan pembelian online di tokopedia (studi pada konsumen tokopedia di kota jombang). Jurnal Eksekutif. Volume 16;177.

Putri Tanama R. B. 2017. Manajemen pemasaran. Universitas Udayana. Denpasar Bali.

Published

2022-07-01

Issue

Section

Artikel