ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN TELEPON SELULER BERBASIS SMARTPHONE(STUDI DI GORI CELL BOJONEGORO)

Authors

  • Edy Suhartono

DOI:

https://doi.org/10.30736/ekbis.v19i1.138

Abstract

Penelitian ini menjelaskan hubungan antara variabel-variabel penelitian melaluipengujian hipotesa.Metode pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang melakukan pembelian telepon seluler berbasis smartphone dengan kisaran harga Rp1.000.000 – Rp2.000.000 di Gori Cell.Sampel dalam penelitian ini berjumlah 80 orang.Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan insidential.Berdasarkan hasil analisa data, maka hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel promosi, brand image, dan harga berpengaruh secara simultan terhadap permintaan telepon seluler berbasis smartphone. Variabel promosi berpengaruh terhadap permintaan telepon seluler berbasis smartphone sebesar 0,303 yang artinya permintaan di tentukan variabel promosi sebesar 30,3%. Variabel brand image berpengaruh terhadap permintaan sebesar 0,318 yang artinya permintaan ditentukan variabel brand image sebesar 31,8%. Variabel harga berpengaruh terhadap permintaan sebesar 0,405 yang artinya permintaan di tentukan variabel harga sebesar 40,5%. Variabel yang memiliki pengaruh dominan terhadap permintaan telepon seluler berbasis smartphone adalah harga. Kata Kunci : promosi, brand image, smartphone

Author Biography

Edy Suhartono

Universitas Bojonegoro

References

Alma, Dr. H. Buchari, 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Cetakan ke – 10. Bandung : Alfabeta

Dwintha, Ririn Triyani, 2012. Analisis

Bauran Promosi Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Mobil Daihatshu (Studi kasus PT. Jujur Sakti Makasar )

Fandy Tjiptono, 2014. Manajemen Pelayanan Jasa. Yogyakarta : Andi

Freddy Rangkuti, 2009. Strategi Promosi Yang Kreatif, edisi

pertama, cetakan pertama. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Hermawan Kartajaya, 2009.Mark Plus Basies. Jakarta : Erlangga

http://xerma.blogspot.co.id/2013/08/pe ngertian-volumepenjualan. html

http://irwansahaja.blogspot.co.id/2014/ 05/volume-tujuan-dan-faktoryang. html

Kotler, Philip, keller, Kevin Lane, 2009. Manajemen

Pemasaran, Jilid I, edisi 13. Jakarta : Erlangga

Kotler, Philip, keller, Kevin Lane, 2009. Manajemen

Pemasaran, Jilid II, edisi 13. Jakarta : Erlangga

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sugiyono, 2013.Statistika Untuk Penelitian.Cetakan ke 22.Bandung : Alfabeta

Sumarni, Suprihanto, 2014. Pengantar Bisnis. Yogyakarta : LIBERTY

Alma, Dr. H. Buchari, 2013. Manajemen Pemasaran dan

Pemasaran Jasa. Cetakan ke – 10. Bandung : Alfabeta

Dwintha, Ririn Triyani, 2012. Analisis Bauran Promosi Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Mobil Daihatshu ( Studi kasus PT. Jujur Sakti Makasar )

Fandy Tjiptono, 2014. Manajemen Pelayanan Jasa. Yogyakarta : Andi

Freddy Rangkuti, 2009. Strategi Promosi Yang Kreatif, edisi pertama, cetakan pertama. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Hermawan Kartajaya, 2009.Mark Plus Basies. Jakarta : Erlangga

http://xerma.blogspot.co.id/2013/08/pe ngertian volumepenjualan. html

http://irwansahaja.blogspot.co.id/2014/ 05/volume-tujuan-dan-faktoryang. html

Kotler, Philip, keller, Kevin Lane, 2009. Manajemen Pemasaran, Jilid I, edisi 13. Jakarta : Erlangga

Kotler, Philip, keller, Kevin Lane, 2009. Manajemen Pemasaran, Jilid II, edisi 13. Jakarta : Erlangga

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sugiyono, 2013.Statistika Untuk Penelitian.Cetakan ke 22.Bandung : Alfabeta

Sumarni, Suprihanto, 2014. Pengantar Bisnis. Yogyakarta : LIBERTY

Published

2018-03-01