PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI ELLADERMA SKIN CARE MALANG

Authors

  • Puguh Cahyono Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.30736/ekbis.v19i1.140

Abstract

Perkembangan masyarakat serta aktivitas masyarakat yang tinggi terutama diwilayah perkotaan untuk saat ini menyebabkan parapelaku bisnis memanfaatkan peluang tersebut dengan mendirikan berbagai macam bisnis baru sebagai alternatife bagi para konsumennya. Salah satu sector yang menjadi trend dikalangan wanita khususnya, yaitu berkembangnya berbagai macam klinik kecantikan yang menawarkan berbagai macam perawatan, baik untuk jasa perawatan maupun produk perawatan kulit, sehingga pelaku bisnis memanfaatkan hal tersebut dengan mendirikan klinik kecantikan, pelaku bisnis melakukan berbagai cara untuk menarik konsumen mau membeli produk dan melakukan tindakan pelayanan yang ditawarkan pesaing. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen, harga terhadap kepuasan konsumen, dan kualiatas layanan terhadap kepuasan konsumen secara parsial dan pengaruh kualitas produk, harga dan kualitas layanan secara simultan terhadap kepuasan konsumen Penelitian ini menggunakan penelitian asosiatif tipe kausal sebab akibat sebab akibat populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Elladerma Skin Care Malang sebanyak 150, sampel penelitian sebanyak 100 konsumen diambil secara simple random sampling. Analisa data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian secara parsial di dapat kualitas produk t-hitung sebesar 2,67 terhadap kepuasan konsumen, harga t-hitung 2,425 terhadap kepuasan konsumen dan kualitas layanan dengan t-hitung 4,061 terhadap kepuasan konsumen, menunjukkan masing-masing variabel berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Kualitas layanan berpengaruh yang dominan 4,061 dibandingkan kualitas produk dan harga dan secara simultan F hitung sebesar 35,483 menunjukkan bahwa kualitas produk, harga dan kualitas layanan secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada klinik Elladerma Skin care.. Kata Kunci: Produk, Harga, Layanan, Kepuasan konsumen dan klinik kecantikan.

References

Arifin.2006. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi. Bandung: Alfabeta

Ari Prasetyo 2012. Analisis Pengaruh Pelayanandan HargaTerhadap

Kepuasan Pelanggan. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: PPs Universitas Negeri Surabaya

Gitosudarmo.2000.Manajemen. Jilid 2.ED 7. Jakarta: Erlangga

Irawan, Hadi.2010. Manajemen Harga.Yogyakarta

Khan, Parisa Islam dan Tabassum, Ayesha. 2010. Service Quality and Customer Satisfaction of the Beauty-Care Service Industry in

Dhaka: A Study on High-End Women’s Parlors. The Journal of Business in Developing Nations (Online), vol. 12, No.11 (http://google.com, diakses November 2015).

Kotler, Armstrong. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi ke tiga belas Terjemahan. Jakarta:Erlangga

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2009. Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid 1. Terjemahan oleh A. Sindoro. Jakarta: Prenhallindo

Mulyono, dkk. 2007. Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan

Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Studi

Manajemen & Organisasi (Online), Vol. 4, No.2, Hal (http://ejournal.undip.ac.id/index.ph p/smo, diakses Oktober 2015)

Normasari, dkk. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap

Kepuasan Pelanggan, Citra Perusahaan dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis (Online) , Vol. 6, No. 2,(http://google.com, diakses November 2015)

Tjiptono, Fandy. 2011. Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia Publishing

Tri Kunantyas. 2007. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: PPs Universitas Negeri Surabaya.

Published

2018-03-01