ANALISIS PENGARUH FAKTOR KELENGKAPAN PRODUK, KUALITAS PRODUK DAN CITRA PRODUK PERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA MITRA MARKET SIMO SUNGELEBAK KARANGGENENG LAMONGAN
DOI:
https://doi.org/10.30736/ekbis.v18i2.152Abstract
Pada penelitian ini diidentifikasi berkaitan dengan masalah Analisis Pengaruh Faktor Kelengkapan Produk, Kualitas Produk Dan Citra Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Mitra Market Simo Sungelebak Karanggeneng Lamongan, Masalah yang dicari bertujuan untuk mengetahui faktor kelengkapan produk, kualitas produk, dan citra produk berpengaruh secara parsial maupun simultan terhadap loyalitas konsumen pada mitra market simo sungelebak karanggeneng lamongan, serta untuk mengetahui faktor kelengkapan produk, kualitas produk dan citra produk, mana yang lebih dominan berpengaruh terhadap loyalitas konsumen mitra market simo sungelebak karanggeneng lamongan. Sedangkan analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji regresi linier berganda, uji koefisien determinasi (R2), uji t, dan uji F. Adapun Hasil penelitiananalisis tersebut diperoleh persamaan regresi sebagai berikut: Y = 4.713 + 0,182X1 + 0,284X2 + 0, 330X3 + e, dari hasil analisis tersebut disimpulkan bahwa variabel kelengkapan sebesar 0,182, variabel kualitas produk sebesar 0,284, variabel citra produk sebesar 0, 330, dan variabel loyalitas sebesar 4,713. Dari uji koefisien determinasi dapatkan disimpulkan variabel independen kelengkapan produk, kualitas produk, citra produk, dan loyalitas memberikan kontribusi sebesar 68,8% sedangkan sisanya 31,2% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dari hasil uji t diperoleh thitung kelengkapan produk (2.883), kualitas produk (5.569), dan citra produk (6,451). Variabel independen kelengkapan produk, kualitas produk dan citra produk mempunyai thitung > ttabel (1,984) maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat diartikan bahwa variabel independen kelengkapan produk, kualitas produk dan citra produk secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen loyalitas konsumen. Dan dari hasil uji F diperoleh Fhitung (73.776) sedangkan Ftabel (2,70) karena Fhitung > Ftabel maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat diartikan bahwa variabel independen kelengkapan produk, kualitas produk dan citra produk secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen loyalitas konsumen. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa variabel kelengkapan produk, kualitas produk dan citra produk baik secara parsial maupun simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen loyalitas konsumen dan variabel yang memiliki pengaruh paling besar terhadap loyalitas kosumen adalah variabel citra produk Kata Kunci: Kelengkapan Produk, Kualitas Produk Dan Citra Produk Dan Loyalitas Konsumen.References
Assauri, Sofyan. 2010. Manajemen Pemasaran, PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta
Fandy, Tjiptono. 2012. Pemasaran
Strategik, Yogyakarta
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Universitas Diponegoro
Husein, Umar. 2010. Metode
Penelitian Untuk Skripsi dan
Tesis Bisnis, Salemba Empat: Jakarta
Nur Widayanti. 2012. Perbedaan Citra Produk dan Kualitas Pada Toko Sepatu Argentina Dalam Peningkatan Penjualan Sepatu Dikawasan Prambanan Surabaya. Universitas Islam Lamongan.
Prof. Dr. Thamrin Abdullah, M.M., M.pd. 2012. Manajemen Pemasaran. PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Prof.Thamrin Abdullah. 2012.
Manajemen Pemasaran, PT.Praja
Grafindo Persada: Jakarta
Sugiyono,
MetodePenelitianKuantitati fKualitatif Dan R & D, Penerbit, Alfabeta Bandung: 2014.
Sumarwan, Ujang. 2015. Perilaku Konsumen Teori Dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Penerbit Ghalia Indonesia, Cetakan Edisi ke 2.
Yamit Zulian,(2011),â€Manajemen Produksi Dan Operasiâ€.Eononisia. Yokyakarta.