PENGARUH FASILITAS DAN BRAND IMAGETERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA RUMAH MAKAN TERMINAL BAKSO DI KEC LAREN LAMONGAN

Authors

  • Dian Rahmad Jaya
  • Akhlis Priya Pambudi

DOI:

https://doi.org/10.30736/ekbis.v18i2.153

Abstract

Dalam penelitian ini diambil rumusan masalah sebagai berikut : Apakah terdapat pengaruh positif secara parsial dan simultan dari Fasilitas dan Brand Image Terhadap Loyalitas Konsumen, dan manakah dari variabel (Fasilitas dan Brand Image) yang paling berpengaruh terhadap Loyalitas Konsumen. Metode analisis data yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif, dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, regresi linier berganda, korelasi berganda, koefesien determinasi, uji F dan uji t. Dari pengujian regresi linier dapat diperoleh persamaan regresi sebagai berikut : Y = 1,163 + 0,454 X1 +0,687 X2 + e. Berdasarkan pengujian secara parsial dapat diketahui bahwa variabel independen (Fasilitas dan Brand Image) berpengaruh terhadap loyalitas konsumen, dengan nilai t hitung (2,858) dan (2,249), dan nilai t tabel (1,990). Sehingga nilai t hitung>t tabel (1,990). Dari pengujian secara simultan variabel Fasilitas, Brand Image dan Loyalitas Konsumen diperoleh hasil F hitung Sebesar (84,992) dan F tabel sebesar (3.11). jadi secara simultan variabel Fasilitas dan Brand Image juga berpengaruh terhadap Loyalitas Konsumen. Dari hasil diatas dapat ditarik disimpulkan bahwa variabiel Fasilitas dan Brand Image, baik secara parsial maupun simultan memiliki pengaruh yang positif signifikan terhadap Loyalitas Konsumen. Saran yang dapat diberikan adalah perusahaan harus memperhatikan Fasilitas dan Brand Image agar konsumen puas dan tetap loyal terhadap perusahaan. Kata kunci : Fasilitas, Brand Image dan Loyalitas Konsumen.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Edisi Revisi 2010. Jakarta Rineka Cipta.

Azizah, Iffatul. 2015. Analisis Indeks Pelayanan Petugas dan Fasilitas JNE Tehadap Kepuasan Customer JNE (Study Kasus JNE Lamongrejo

Kabupaten Lamongan). Lamongan. Universitas Islam Lamongan

Rangkuti, Freddy. 2013. Customer service satisfaction & call center berdasarkan ISO 9001: mengukur pelayanan jasa plus studi kasus PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.

Subagyo, Ahmad. 2010. Marketing In Business Studi Kasus UMK & LKM (Usaha Mikro Kecil & Lembaga Keuangan Mikro). Jakarta. Mitra Wacana Media.

Suharsaputra, Uhar. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Tindakan. Bandung. Rafika Aditama Sunyoto, Danang. 2013. Teori, Kuesioner dan Analisis Data. Untuk Pemasaran dan Perilaku Konsumen.

Yogyakarta. Graha Ilmu.

Published

2017-09-01