ANALISIS PENGARUH FAKTOR HARGA, KUALITAS PRODUK DAN PELAYANAN TERHADAP DAYA TARIK PENGUNJUNG DI RUMAH MAKAN SERBA SAMBAL PACIRAN LAMONGAN

Authors

  • Inayatul Lailiyah
  • Indriana Kristiawati

DOI:

https://doi.org/10.30736/ekbis.v18i2.154

Abstract

Perkembangan usaha kuliner di indonesia saat ini berjalan dengan pesat dan suatu persaingan yang semakin ketat. bagi pengusaha kuliner ditantang untuk menciptakan suatu penampilan yang unik untuk penempatan yang jelas sehingga konsumen dapat membedakan dengan pesaingnya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan variabel harga, kualitas produk dan pelayanan terhadap daya tarik pengunjung di rumah makan serba sambal paciran lamongan. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Random Sampling. populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah datang ke rumah makan serba sambal paciran lamongan. Sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif.Berdasarkan analisis tersebut, diperoleh persamaan regresi sebagai berikut: Y= 0,677- 0,438 X1 + 0,676 X2 + 0,856 X3 + e dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel pelayanan memiliki pengaruh paling besar terhadap daya tarik pengunjung sebesar 0,856, kemudian diikuti oleh variabel harga yang memiliki pengaruh paling rendah sebesar -0,438 sedangkan variabel kualitas produk sebesar 0,676. Dari hasil uji t diperoleh t hitung harga (6,126), kualitas produk (10.933) dan pelayanan (16,454). variabel bebas meliputi harga, kualitas produk, dan pelayanan mempunyai nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel ( 1,985) maka variabel bebas harga, kualitas produk dan pelayanan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap daya tarik pengunjung. Dari uji F diperoleh F hitung (145,901) sedangkan F tabel (2,47). karena F hitung > F tabel maka Ho ditolak artinya bahwa variabel bebas harga, kualitas produk dan pelayanan secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap daya tarik pengunjung. Kata kunci : Harga, Kualitas Produk, Pelayanan dan Daya Tarik Pengunjung.

References

Sugiyono,Dr 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D, CV Alfabeta, Bandung.

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller.

Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas jilid 1. Erlangga, Jakarta.

Atmaja, Lukas Setia. 2010. Statistika Untuk Bisnis dan Ekonomi, CV.Andi Offset, Yogyakarta.

Pakkana, Widiyono Mukhaer. 2011.

Pengantar Bisnis Respon Terhadap Dinamika Global Edisi Satu, Mitra Wacana Media,

M, Mursid. 2014. Manajmen Pemasaran Edisi satu, Sinar Graafika Offset, Jakarta.

Ernawati, Supriyanto. 2010.

Pemasaran industri jasa kesehatan,

Ahmad, Subagyo. 2010. Marketing in Business Edisi Pertama, Mitra Wacana Media, Jakarta.

Published

2017-09-01