ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM PEMBELIAN KERIPIK SINGKONG
DOI:
https://doi.org/10.30736/ekbis.v19i2.170Abstract
Prilaku konsumen sangat penting dipelajari oleh banyak masyarakat atau perusahaan diseluru dunia, prilaku konsumen sangat menentukan kemajuan perusahaan, dengan mengetahui prilaku konsumen maka perusahaan dapat menentukan strategi dan konsep untuk memuaskan konsumen, ada banyak faktor faktor yang mempengaruhi prilaku konsumen dalam keputusan pembelian. Demi kesuksesan dan kemajuan perusahaan maka Perusahaan perlu mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam keputusan pembelian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam melakakukan pembelian keripik singkong dan dapat bermanfaat bagi para peneliti dalam melakukan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, realibitas, regresi liner berganda dan melakukan analisis faktor tehadap ketiga variabel yaitu variabel individual terdiri dari Sembilan belas sub variabel, variabel lingkungan terdiri dariempat belas sub variabel , dan variabel marketing strategy terdiri dari empat belas sub variabel. Selanjutnya empat puluh tujuh sub variabel akan dianalisis menggunakan analisis factor Berdasarkan hasil penelitian faktor- faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pembelian keripik singkong adalah individual, lingkungan dan marketing strategy. Dari hasil penelitian Terbentu lima faktor dari Variabel individual yaitu Faktor persepsi merk, Faktor gaya hidup, Faktor demografi konsumen, Faktor personalia dan faktor kebutuhan dan keinginan konsumen. Terbentuk empat faktor dari Variabel Lingkungan yaitu Faktor situasional, Faktor budaya, Faktor grup tatap muka, dan Faktor social. Terbentuk tiga faktor dari variabel Marketing startegy yaitu Faktor promosi, faktor, produk dan faktor distribusi Berdasarkan penelitian menggunakan total nilai varians pada total variance explaine, factor yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian keripik singkong adalah faktor promosi dengan nilai varian paling besar dan tertinggi. Ternyata Penelitian ini sangat bermanfaat dalam pengemabngan ilmu pengetahuan dan tekhnologi, dengan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen maka tekhnologi baru akan diciptakan menyesuaikan selera konsumen.References
Abdullah T dan Tantri F. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Badan Litbang Pertanian. 2011. Inovasi Pengolahan Singkong Meningkatkan Pendapatan dan Diversifikasi Pangan. Jurnal Agroinovasi Edisi 4-10 Mei 2011 No.3404 Tahun XLI
Badan Pusat Statistika (BPS). 2015. Produksi Ubi kayu Menurut Provinsi (ton), 1993-2015.(https://www.bps.go.id/linkTableDinamis/view/id/880.html) Diakses tanggal 14 Oktober 2016.
Ghozali I. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kotler P dan Keller KL. 2009. Manajemen Pemasaran (Ed. 13) jilid 1. Jakarta: Erlangga
Sarjono H dan Julianita W. 2011. SPSS vs LISREL Sebuah Pengantar, Aplikasi untuk Riset. Jakarta: Salemba Empat
Shabastian M dan Samuel H. 2013. Pengaruh Strategi Harga dan Strategi Produk Terhadap Brand Loyalty di Tator Cafe Surabaya Town Square. Jurnal Manajemen Pemasaran Vol. 1, No. 1, (2013) 1-9. Surabaya: Universitas Kristen Petra
Suardika P, Ambarawati, Sukaatmadja. 2014. Analisis Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Sayur Organik CV Golden Leaf Farm Bali. Jurnal Manajemen Agribisnis Vol.2, No. 1. Bali: Universitas Udayana
Sugiyono. 2012. Statistika Untuk Penelitian (Ed. 21). Bandung: Alfabeta
Umikalsum. 2015. Strategi Pemasaran Usaha Industri Keripik Singkong Skala Rumah Tangga di Kelurahan Tangga Takat Kecamatan Seberang Ulu II Kota Palembang. Jurnal Ilmiah AgrIBA Vol. 3 No. 1 Edisi 3. Palembang: IBA
Wardana LW. 2011. Perilaku Konsumen (Ed. 1). Malang: Universitas Negeri Gorontalo Press