Pengaruh Kepercayaan Merek, Citra Merek, dan Kepuasan Merek terhadap Intensi Pembelian Ulang Dimediasi oleh Loyalitas Merek Miniso di Surabaya

Authors

  • Dimas Haidar Kusumajaya Universitas Hayam Wuruk Perbanas
  • Yudi Sutarso Faculty of Economics and Business Hayam Wuruk Perbanas University

Abstract

Indonesia membuka peluang bagi investor asing agar masuk ke pasar ritel domestik untuk menguasai pasar swalayan maupun e-commerce. Berawal dari hal tersebut, tingkat persaingan bidang usaha di Indonesia mengalami peningkatan, khususnya pasar global di bidang ritel modern. Miniso merupakan ritel modern yang paling ekspansif dan menjadi incaran masyarakat Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepercayaan merek, citra merek, dan kepuasan merek terhadap intensi pembelian ulang dimediasi oleh loyalitas merek Miniso di Surabaya. Responden yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah 290 orang yang dipilih secara purposive sampling dengan kriteria berlangganan merek Miniso minimal 6 bulan, berusia minimal 17 Tahun, dan berdomisili di Kota Surabaya. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebarkan secara offline berupa lembar kuesioner berisi item pernyataan dan online berupa link Google Form melalui WhatsApp, email, atau Instagram. Analisa data menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dan diuji menggunakan program WarpPLS 7.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) loyalitas merek memiliki peran mediasi penuh (full mediation) hubungan antara kepercayaan merek terhadap intensi pembelian merek secara penuh; (2) loyalitas merek memiliki peran mediasi parsial hubungan antara citra merek terhadap intensi pembelian ulang; (3) loyalitas merek memiliki peran mediasi parsial hubungan antara kepuasan merek terhadap intensi pembelian ulang.

Kata Kunci : Kepercayaan Merek, Citra Merek, Kepuasan Merek, Loyalitas Merek, Intensi Pembelian Ulang. 

Downloads

Published

2024-06-20