MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING PRODUK MELALUI INOVASI DAN ORIENTASI PASAR PADA USAHA SEKTOR INDUSTRI KREATIF DI KOTA MALANG

Authors

  • Muhammad Rifa’i Fakultas Ekonomi, Universitas Tribhuwana Tunggadewi
  • Totok Sasongko Fakultas Ekonomi, Universitas Tribhuwana Tunggadewi
  • Poppy Indrihastuti Fakultas Ekonomi, Universitas Tribhuwana Tunggadewi

DOI:

https://doi.org/10.30736/ekbis.v20i1.203

Abstract

Pengembangan dalam menciptakan keunggulan bersaing di Kota Malang lebih banyak membutuhkan sumber daya manusia yang inovatif dan mempunyai kreativitas tinggi. Adanya inovasi dan kreativitas yang timbul pada masyarakat, mempunyai peran penting dalam pengembangan perekonomian suatu daerah. Hasil temuan di lapangan menunjukkan bahwa pengembangan dalam menciptkan produk yang unggul mampu membuat produk yang diminati oleh masyarakat. Kreativitas pelaku UKM mampu meningkatkan hasil produk yang lebih berinovasi. Kreativitas dapat ditingkatkan melalui pelatihan, pembinaan, serta monitoring yang dilakukan oleh pemerintah. Faktor pendukung dalam menciptakan produk yang unggul dalam bersaing ini meliputi peran pemerintah, kualitas Sumber Daya Manusia, dan potensi Kota Malang yang dimili. Terdapat beberapa faktor penghambat juga seperti kurangnya akses permodalan, terbatasnya bahan baku berkualitas dan rendahnya sarana prasarana pemasaran. Kata kunci: Keunggulan Bersaing, Inovasi Produk dan Orientasi Pasar

References

Akimova. I.. (2000). Development of Market Orientation and Competitiveness of Ukrainian Firms. European Journal of Marketing. 34. 9/10. 1128-48.

Bharadwaj, Sundar G,

P.R.Varadarajan, & Fahly, Jihn. (2013).“Sustainable Competitive Advantage in Service Industries: A Conceptual Model and Research Propositions“. Journal of Marketing. Vol.57,Oktober,p.83-99.

Cooper, D. R. dan Pamela, S. S.,

, Business Research

Method Eight Edition. New

York. McGraw Hill.

Kohli, A.K., & Jaworski, B.J. (1990).

“Market Orientation: The Construct, Research Proposition, and Managerial Implicationâ€. Journal of Marketing. 1-18.

Li, T. dan Calantone, R. J., (2008),

The Impact of Market Knowledge Competence on New Product Advantage: Conceptualization and Empirical Examination, Journal of Marketing, Vol 62. Hal 13 -29.

Narver, J.C., & Slater, S.F. (1995). “Market Orientation and The Learning Organizationâ€. Journal of Marketing. p.63-

Narver, J.C., & Slater, S.F. (1990).

“The Effect of Market Orietation on Product Innovationâ€. Journal of Marketing. 20-35

Pemerintah Kota Malang. 2013.

Rencana Strategis Dinas

Perindustrian Pemerintah

Kota Malang Tahun 2013 –

Malang.

Satyagraha, Hadi. (2013).

“Keunggulan Bersaing dan Aliansi Strategis: Resefinisi WOTâ€. Usahawan . No.4,Th.XXIII.

Totok Sasongko, Muhamad Rifa’i,

Nugraheni Suci Sayekti,

, The Development of the Creative Industries to Create a Competitive Advantage: Studies in Small Business Sector, Journal of Economic Development, Environment and People, Volume 7, Issue

, p. 14-23

Wahyono. 2002. Orientasi Pasar dan Inovasi: Pengaruhnya Terhadap KinerjaPemasaran. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia.Vol.1, No.1.

Published

2019-03-01