EFISIENSI ANGKA PENGANGGURAN MELALUI LULUSAN SMK DENGAN SISTEM PENDIDIKAN BERKARAKTER ( Enabler, Builders dan Engineer) DI JAWA TIMUR

Authors

  • Titin Titin Fakultas Ekonomi

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan adalah salah satu tempat belajar formal yang di anggap mampu mengatasi masalah seperti yang di sebutkan di atas oleh orang tua murid, karena telah banyak orang tua murid yang mempecayakan anaknya untuk masuk di Sekolah Menengah Kejuaruan (SMK) setelah lulus dari Sekolah Menengah Pertama. Selain di suguhi ilmu secara teori, di SMK juga langsung bisa mempraktekkan ilmu yang di dapat. Dengan demikian, dengan bertambah banyaknya Sekolah Menengah Kejuruan yang bermunculan di Indonesia di harap bisa merubah karakter generasi muda & karakter bangsa supaya lebih baik lagi. Di samping itu juga bagaimana SMK bisa mengurangi angka pengangguran dan memperbaiki pembangunan di Jawa Timur.


Mengacu  pada  rumusan  masalah  yang  akan  di urai  melalui  karya  tulis  ini  tidak  lepas  dari  ruang  lingkup  permasalahan  di atas, yaitu Bagaimana  menumbuhkan  &  menyiapkan pendidikan karakter  generasi  muda  dengan  banyaknya  tantangan  di  era  globalisasi, Seberapa besarkah pengaruh & pentingnya pendidikan karakter di Sekolah Menengah Kejuruan, dan Bagaimana mengatasi pengangguran yang semakin bertambah sehingga memperlambat laju pertumbuhan & pembangunan bangsa melalui lulusan Sekolah Menengah Kejuruan.

Berdasarkan permasalahan yang telah urai di atas, penulis mempunyai beberapa tujuan, salah satunya adalah Menumbuhkan jiwa generasi muda yang berkarakter, Meningkatkan semangat generasi muda melalui pendidikan karakter, Menciptakan lulusan SMK yang siap bersaing di dunia kerja dan tidak menganggur serta mengurangi angka pengangguran di Jawa Timur dengan adanya pendidikan karakter di SMK.

Keywords : Pengangguran, Lulusan SMK, Pendidikan Berkarakter

Published

2016-03-01