MANAJEMEN STRATEGI DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI BAGI MASYARAKAT MENENGAH KEBAWAH DALAM RANGKA MENANGKAL PAHAM RADIKALISME DAN TERORISME DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Authors

  • Adji Seputro Falkutas Ekonomi Universitas Pandanaran

DOI:

https://doi.org/10.30736/ekbis.v20i2.235

Abstract

pembahasan tentang Ekonomi Pertumbuhan dikaitkan dengan Pemberdayaan UMKM oleh pemerintah saat ini menjadi sangat penting dalam upaya merumuskan kebijakan strategis. Kebijakan Strategis diambil dari konsep Pengembangan Sumber Daya Manusia Indonesia yang sangat beragam di Indonesia dan kaitan dengan Manajemen strategik yakni arah pengembangan UMKM di satu sisi. Sumber Daya Manusia selalu yang dikaitkan dengan sumber daya manusia potensial terutama dari Masyarakat Menengah ke bawah yang diharapkan memiliki peran aktif dalam partisipasi kewarganegaraan. Dalam indeks yang diterbitkan oleh UNDP (2017) partisipasi ekonomi dan sosial politik mereka sebagai warga negara jauh melampaui negara- negara lain di Asia. Tantangan yang tidak mudah bagi sumber daya manusia pada UMKM - UMKM saat ini di era revolusi industri 4.0 adalah integrasi pemanfaatan internet dengan lini produksi yang memanfaatkan kecanggihan teknologi dan informasi. Pendalaman konsep Manajemen Strategik yang dikaitkan dengan Sumber Daya Manusia pada UMKM di Indonesia memiliki semangat dan peran penting dalam pembangunan ekonomi. Secara kasar hal itu dibuktikan dengan tingginya partisipasi pemuda di sektor usaha

References

Aoun, J.E. (2017). Robot-proof: higher

education in the age of artificial intelligence. US: MIT Press.

Assery, S. 2009. Strategi Mempercepat

Pemberdayaan UMKM. Harian

Suara Merdeka, 27 Mei 2009.

David, R Fred. 2012. Strategic Management Concepts & Cases. Pearson Academic; 14th edition.

Departemen Pengembangan UMKM Bank Indonesia. 2016. Pemetaan dan Strategi Peningkatan Daya Saing UMKM Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015 dan Pasca MEA 2025. Diakses dari www.bi.go.id pada tanggal 16 Oktober 2016.

Eelco Kessels and Christina Nemr, "Countering Violent Extremism and Development Assistance entrepreneurship/ Harvey W. Kushner, Encyclopedia of Terrorism, London : Sage Publication, 2003.

Hirschi & Läge. 2007. Various Grade Readiness. Journal of Vocational Behavior.

Identifying Synergies, Obstacles, and Opportunities,†Policy Brief, February 2016, Global Center on Cooperative Security. Accessed on January 04, 2018 from http://www.alobalcenter.ora/w pcontent/uploads/2016/01/Feb2016

-CVE-and-Developmentpolicy- brief.pdf.

John G. Horgan, "Psychology of Terrorism: Introduction to the Special Issue," American Psychologist, 2017, Vol. 72, No. 3, hal. 201.

John Horgan et al, "Walking away: the disengagement and deradicalization of a violent right-wing extremist,"Behavioral Sciences of Terrorism and Political Aggression,

, Society for Terrorism

Research.

Kasali, Rhenald. 2011. Membidik Pasar Indonesia: Segmentasi, Targeting, dan Positioning. Jakarta : PT

Gramedia PustakaUtama.

McKinsey Global Institute, (2017). The Archipelago Economy: Unleashing Indonesia's Potential. McKinsey & Company.

Mello, A. Jeffrey (2015), Strategic Human Resource Management, 4th Edition, Cengage Learning Publisher.

Mulyadi. 2001. Balance Scorecard: alat Manajemen Kontemporer Untuk Pelipatganda Kinerja Keungan Perusahaan. Salemba Empat. Jakarta. Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Robbins,P. Stephen. 2008.

Organizational Behaviour, Tenth

Edition (Perilaku Organisasi Ke Sepuluh), alih bahasa Drs. Benyamin Molan. Salemba Empat: Jakarta.

Roblek, V., Meško, M., & Krapež, A. (2016). A Complex View of Industry 4.0. SAGE Open, 6(2),

http://dx.doi.org/10.1177/2158

Sijabat, S. 2008. Potret Iklim Usaha

Pemberdayaan UMKM. Infokop,

1- 17.

Sijabat, S. 2008. Potret Iklim Usaha

Pemberdayaan UMKM. Infokop.

Steven R. Koltai, "Fighting ISIS with Entrepreneurship,†7 Oktober 2014. Diakses pada 30 Januari 2018 dari https://www.brookings.edu/bl og/fixgov/2014/10/07/fighting -isis- with

Sudaryanto dan Hanim, Anifatul. 2002.

Evaluasi kesiapan UKM Menyongsong Pasar Bebas Asean

(AFTA): Analisis Perspektif dan Tinjauan Teoritis. Jurnal Ekonomi Akuntansi dan Manajemen, Vol 1

No 2, Desember 2002.

Sudaryanto. 2011. Strategi Pemberdayaan UMKM Menghadapi Pasar Bebas Asean. Badan Kebijakan Fiskal Kemenkeu RI, Jakarta. Fakultas Ekonomi Negeri Jember.

The Global Youth Wellbeing Index

†diakses pada 30 Januari 2018

dari dari https://www.vouthindex.ora/co

untrv/indonesia. Undang-Undang

No. 19 tahun 2003, tentang Badan

Usaha Milik Negara (BUMN) pasal

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.

UNDP United Nations Development Programme, "Human Development Report," United Nations Development Programme (UNDP), New York, 2017 UU.

No.15 Tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme.

UU No.15 Tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme Wheelen Thomas.L, Hunger J. David, 2001.Strategic Management and Business Strategy, 10-th edition, Pearson International Edition Yuhua, Z., & Bayhaqi, A. (2013). SME's participation in global production chains: APEC.

Yuhua, Z., dan Bayhaqi, A. (2013).

SME's Participation in Global Production Chains. APEC: Singapore.

Published

2019-09-01