ANALISIS PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) TERHADAP PENINGKATAN LABA PADA PT. TJCM (Total Quality Management (TQM) Application Analysis to Increased Profit on PT. TJCM)

Authors

  • Mohamad Rizal Nur Irawan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.30736/ekbis.v20i2.236

Abstract

Salah satu pendekatan yang dapat dilakukan oleh perusahaan bisnis untuk meningkatkan daya saing adalah dengan menerapkan Total Quality Manajemen (TQM). TQM mempunyai dasar pemikiran yang terletak pada hasil kualitas yang baik. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah penerapan Total Quality Manajemen (TQM) berpengaruh signifikan secara parsial terhadap peningkatan laba (Y) pada PT.Trijaya Cipta Makmur Lamongan. (2) Untuk mengetahui apakah penerapan Total Quality Manajemen (TQM) berpengaruh signifikan secara simultan terhadap peningkatan laba (Y) pada PT.Trijaya Cipta Makmur Lamongan. (3) Untuk mengetahui variabel manakah yang berpengaruh paling dominan terhadap peningkatan laba (Y) pada PT.Trijaya Cipta Makmur Lamongan. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode kuantitatif. Analisis data yang diperoleh dengan kuesioner di uji dengan menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Regresi Linier Berganda, Korelasi Berganda, Koefisien Determinasi, Uji t dan Uji F. Hasil analisis menunjukkan bahwa thit > ttab dengan nilai tHit (X1) = 17,399, tHit (X2) = 21,845, tHit (X3) = 20,819, tHit (X4) = 29,484, tHit (X5) = 10,297, dan Fhit= 31,870 > Ftab= 2,47. Berdasarkan bukti-bukti tersebut dapat disimpulkan bahwa (1) Penerapan Total Quality Manajemen (TQM) berpengaruh signifikan secara parsial terhadap peningkatan laba pada PT.Trijaya Cipta Makmur Lamongan. (2) Penerapan Total Quality Manajemen (TQM) berpengaruh signifikan secara simultan terhadap peningkatan laba pada PT.Trijaya Cipta Makmur Lamongan. (3) Variabel kesatuan tujuan (X4) yang berpengaruh paling dominan terhadap peningkatan laba pada PT.Trijaya Cipta Makmur Lamongan karena hasil tHit (X4) lebih besar daripada ke-empat variabel lainnya.

References

Gaspersz, Vincent. 2001. “Total

Quality Managementâ€. Jakarta:

PT Gramedia Pustaka Utama.

Harahap, Sofyan Syafri. 2011.

“Analisis Kritis Atas Laporan Keuanganâ€. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Rusdiana, 2014. “Manajemen

Operasiâ€. Bandung : Pustaka

Setia.

Sugiyono, 2012. “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&Dâ€. Bandung : Alfabeta.

Published

2019-09-01