PEMANFAATAN E-COMMERCE DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM DI DESA KARANGSARI KECAMATAN KARANGTENGAH KABUPATEN DEMAK

Authors

  • Amanda Mastisia Rakanita Politeknik Balekambang Jepara

DOI:

https://doi.org/10.30736/ekbis.v20i2.237

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi yang sangat pesat menuntut masyarakat untuk mulai mengenal dan selalu berhubungan dengan internet. Salah satu gaya hidup baru yang lahir adalah belanja melalui internet atau sering disebut e-commerce. Pemanfaatan e-commerce tidak hanya dilakukan oleh perusahaan besar, tetapi juga dilakukan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi pemanfaatan e-commerce dalam rangka meningkatkan daya saing UMKM di Desa Karangsari, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Demak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan analisis kualitatif. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan e-commerce akan dapat meningkatkan pendapatan UMKM, produk yang dipasarkan akan lebih mudah dikenal oleh konsumen sehingga memudahkan dalam mendapatkan pelanggan. Selain itu, pemanfaatan e-commerce dapat menghemat biaya promosi dan meningkatkan kecepatan bertransaksi. Hal ini pada akhirnya akan dapat meningkatkan daya saing bagi UMKM di Desa Karangsari, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Demak.

References

AAker, D. A and McLoughlin, D.

(2010). Strategic Market Management: Global Perspectives (9th ed). New Jersey

Andriyanto, Irsad. (2018). Penguatan Daya Saing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah melalui E- Commerce. Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, Vol. 6. No. 2, Desember 2018

Brata, Aloysius Gunadi. (2003).

Distribusi Spasial UMKM di Masa Krisis Ekonomi. Jurnal Ekonomi Rakyat, Th. II No.8

November

BPS. (2018). Klasifikasi UMKM diunduh Agustus 2019. www.BPS.go.id

Burgess, et al. (2003), Factors Affecting Adoption of Electronic Commerce Technologies by SMEs; an Australian Study, Journal of Small Business and Enterprise Development, Vol.10, No.3

Grandon dan J.M, Pearson .(2004).

E-commerce Adoption: an empirical study of small and medium US Business

Hafni, R dan Rozali, A. (2017).

Analisis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah terhadap Penyerapan Tenaga Kerja di Indonesia. Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan

Maryama, Siti. (2013). Penerapan E- Commerce Dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha. Jurnal Liquidity. Vol. 2, No. 1, Januari-Juli 2013

Niode, I. Y. (2009). Sektor UMKM di Indonesia: Profil, Masalah dan Strategi Pemberdayaan. Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis OIKOS NOMOS, 2(1)

Ramanathan. Ramakrishan, Usha dan Hsiao, Hsia Ling (2012). The Impact of E-Commerce on Taiwanese SMEs : Marketing and Operations Effect. UK: Int. J. Production economics

Turban, Efraimdan King, David

(2012). Electronic Commerce

: Managerial and Social Networks Perspectives (7th Edition). Prentic Hall.

Undang- Undang No. 20 Tahun 2008 tentang Usaha Miro, Kecil dan Menengah diunduh Agustus

Published

2019-09-01