TRANSFORMASI HUMAN RESOURCES SEBAGAI STRATEGIC BUSINESS PARTNER (Studi Kasus pada UMKM Kota Semarang)

Authors

  • Dheasey Amboningtyas Fakultas Ekonomi Universitas Pandanaran Semarang

DOI:

https://doi.org/10.30736/ekbis.v20i2.238

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk ingin melihat pengaruh dari peran bagian sumber daya manusia terhadap persepsi investasi pengembangan pegawai yaitu apakah persepsi pegawai terhadap peran dari bagian sumber daya manusia dalam kaitannya sebagai business partner , peran apakah yang paling dominan dalam kaitannya bagian sumber daya manusia sebagai business partner dalam kaitannya terhadap persepsi karyawan, Apakah persepsi pegawai terhadap investasi yang diberikan perusahaan bagi pengembangan pegawai, apakah peran strategis dari bagian sumber daya manusia berpengaruh secara signifikan terhadap persepsi pegawai terkait investasi dalam pengembangan pegawai. Dalam penelitian ini, variabel yang digunakan, yaitu transformasi human resources, business perfomance, dan strategic business partner . Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data kuantitatif yakni data yang diukur dalam suatu skala numerik (angka). Sumber data untuk penelitian ini diperoleh secara langsung dari pengisian daftar pertanyaan oleh responden melalui wawancara langsung oleh tim surveyor lapangan. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa sebagian besar UMKM melakukan transformasi human resources terhadap performa bisnis mereka.Dengan adanya transformasi peran human resources akan memberikan pengaruh yang baik terhadap business performance UMKM di Kota Semarang.

References

Khalik A. (2016). Perubahan Peraan

Dan Transformasi Fungsi Sumber Daya Manusia Dalam Mewujudkan Good Corporate Governance dan Corporate Social Responcibility. ISSN Vol. 1 No. 10 IAIN Sulthan Thaha Syaifuddin Jambi.

Lukma R. (2013). Analisis Pengaruh

Peran Strategis Bagian Sumber Daya Manusia Terhadap Persepsi Investasi Pengembangan Pegawai. ISSN Vol. 1 No. 3 Universitas Indonesia.

Liebowitz, J., (2010). The Role of HR in Achieving a Sustainability Culture; Journal of Sustainable Development Vol.3 No.4. Canadian Centre of Science and Education.

Sadana S. (2016). Peran Departemen Dan Profesional Sumber Daya Manusia Dalam Kometensi global. ISSN Vol. 3 No. 15

Universitas Indonesia.

Setyawan A. (2016). Teknologi

Informasi Dan Reposisi Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia. BENEFIT Vol. 10

No. 1 Universitas Indonesia.

Published

2019-09-01