ANALISIS RASIO KEUANGAN DAN ANALISIS EVA SEBAGAI ALAT UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PT CHAROENPOKPHAND INDONESIA TBK YANG TERDAFTAR DIBURSA EFEK INDONESIA

Authors

  • Cholis Hidayati Program Studi Akuntanasi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Nofandi Selmury

DOI:

https://doi.org/10.30736/je.v21i1.320

Keywords:

Laporan Keuangan, SAK EMKM, Kualitas Laporan Keuangan

Abstract

Para pelaku bisnis di Indonesia dituntut untuk dapat bersaing di pasar global, dapat diketahui bahwa globalisasi bisa mempengaruhi tinggi rendahnya tingkat persaingan di dunia bisnis. Hal ini mengakibatkan semakin ketatnya persaingan bisnis antar berbagai jenis perusahaan. Adanya persaingan yang semakin ketat, perusahaan perlu mengadakan pengembangan dan perbaikan dalam kinerja perusahaannya terutama bidang keuangan. Alat pengukuran yang digunakan untuk adalah analisis rasio keuangan dan Economic Value Added (EVA). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan analisis rasio keuangan dan EVA dalam menilai kinerja perusahaan.Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berupa laporan keuangan PT. Charoen Pokphand Indonesia Tbk tahun 2012 sampai dengan 2014 beserta keterangannya yang listing di Bursa Efek indonesia sehingga keakuratan datanya terjamin. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi dengan cara mengumpulkan dan mempelajari keterangan- keterangan data perusahaan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan studi kasus. Hasil penelitian yang dilakukan selama kurun waktu tiga tahun tersebut dapat diketahui bahwa berdasarkan analisis rasio likuiditas PT.KalbeFarma,Tbk memiliki kinerja keuangan yang cukup baik. Berdasarkan analisis rasio leverage PT. Charoen Pokphand Indonesia Tbk memiliki kinerja keuangan yang baik. Kemudian berdasarkan analisis rasio aktivitas PT. Charoen Pokphand Indonesia Tbk memiliki kinerja keuangan yang cukup baik. Selanjutnya berdasarkan analisis rasio profitabilitas PT. Charoen Pokphand Indonesia,Tbk memiliki kinerja keuangan yang cukup baik. Serta berdasarkan analisis rasio pasar PT. Charoen Pokphand Indonesia Tbk memiliki kinerja keuangan yang cukup baik dan memiliki tingkat pertumbuhan yang tinggi. Sedangkan berdasarkan EVA PT. Charoen Pokphand Indonesia Tbk memiliki kinerja keuangan yang baik. Selama Tiga tahun berturut-turut PT. Charoen Pokphand Indonesia Tbk mampu menghasilkan EVA yang positif yang berarti EVA>0Haliniberarti PT.Charoen Pokphand Indonesia Tbk mampu menciptakan nilai tambah ekonomi (EVA).
 

References

Arikunto S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, PT Rineka Cipta :Jakarta.

Ikatan Akuntan Indonesia . 2007 . Standar Akuntansi Keuangan .Penerbit : Salemba Empat : Jakarta .

Jumingan,2006. Analisis Laporan Keuangan, CetakanPertama, PT Bumi Aksara: Jakarta Mahmud M. Hanafi dan Abdul Halim. (2003). Analisis Laporan Keuangan. Edisi Revisi. Yogyakarta:UPP AMP YKPN.

Mirza,Teuku.2002.EVA Sebagai Alat Penilai,UsahawanNo.4,XXVI.Stewart, G Bennet, Stern, Joel M. 2002. EVA sebagai Alat Penilai; Majalah Usahawan, No.04 / Th XXVI /April. Mulyadi. 2000. Akuntansi Biaya Edisi 5. Yogyakarta: Aditya Media.

Munawir, 2001. Akuntansi Keuangan dan Manajmen, Edisi Pertama, BPFE, Yogyakarta.

Rousana. Mike, 2002, Manfaatkan EVA Untuk Menilai Perusahaan DI Pasar Modal, Usahawan, NO.4, hal. 18-21.

Sidharta Utama, 2001, Economic Value Added : Pengukuran Penciptaan Nilai Perusahaan, Usahawan No.4 th XXII, ha. 10-13.

Sucipto.2003.PenilaianKinerjaKeuangan,UniversitasSumateraUtara.

Sugiyono,2005,Metode Penelitian Kualitatif,Bandung:Alfabeta.

Warsono. 2003. Manajemen Keuangan Buku I. Edisi Ketiga. Malang: Bayumedia. Widayanto, Gatot, 1993, “EVA/NITAMI Suatu Terobosan Baru dalam Pengukuran Kinerja Perusahaanâ€, Manajemen Usahawan Indonesia, No. 4, Th. XXVI.

Young, S. David and Stephen F. O’Byrne 2001. EVA dan Manajemen berdasarkan Nilai : Panduan Praktis untuk Implementasi. Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat

Published

2021-03-01