PENGARUH DISIPLIN TERHADAP KINERJA GURU SMPN DI KECAMATAN X DENGAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Authors

  • Eva Puspita Vani Program Studi Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya
  • Ahmad Rizki Sridadi Program Studi Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30736/je.v21i1.323

Keywords:

Disiplin, motivasi, kinerja guru

Abstract

Guru menjadi salah satu elemen yang berpengaruh pada keberhasilan sekolah. Guru adalah salah satu bagian dalam proses pendidikan dan harus memiliki kinerja yang baik. Meningkatkan kinerja sumber daya manusia dapat melalui kompetensi, motivasi, dan sarana pendukung disiplin. Motivasi yang tinggi meningkatkan produktivitas yang secara alami menjadi kepentingan semua sistem pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh disiplin terhadap kinerja guru PNS SMP N di Kecamatan X serta mengetahui dan menganalisis pengaruh disiplin terhadap kinerja guru PNS SMP N di kecamatan X dengan motivasi sebagai variable intervening. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, serta menggunakan analisis kausal yang bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh atau efek variable independent atas perubahan yang terjadi pada variable dependen. Metode pengumpulan data yang digunakan melalui kuisioner dan studi pustaka.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara disiplin dan kinerja guru. Serta terdapat pengaruh positif signifikan secara tidak langsung antara disiplin terhadap kinerja guru melalui motivasi. Dari penelitian ini praktek implikasi yang dapat diterapkan adalah motivasi memiliki peran dalam meningkatkan pengaruh disiplin terhadap kinerja guru.
 
 

References

Andriani, S., Kesumawati, N., & Kristiawan, M. (2018). The Influence Of The Transformational Leadership And Work Motivation On Teachers Performance. International Journal Of Scientific & Technology Research Volume 7, Issue 7, 19-29.

Ashaari, O. (1999). Pengurusan Sekolah: Satu Panduan Lengkap. Kuala Lumpur: Utusan Publications & Distributors Sdn. Bhd.

Gorozidis, G. & Athanasios. (2014). Teachers’ motivation to participate in training and to implement innovations. Teaching and Teacher Education, 39, 1-11 Mangkunegara. (2004). Perilaku dan Budaya Organisasi. Bandung: Refika Aditama.

Mangkunegara, A. P., & Waris, A. (2015). Effect of Training, Competence and Discipline on Employee Performance in Company (Case Study in PT Asuransi Bangun Askrida). 2nd Global COnference on Business and Social Science-2015, GCBSS-2015, 1-18 September 2015 (pp. 12401251). Bali: Procedia - Social and Behavioral Sciences 211.

Noel, J. L., & Pandowo, M. (2017). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Kasus Balai Kesehatan Mata Masyarakat Sulawesi Utara).Jurnal EMBA Vol.5 No.3.

Ololube, N. P. (2006). Teachers Job Satisfaction and Motivation for School Effectiveness: An Assessment.

Rao, M. B. (2016). Motivation of teachers in Higher Education. Journal of Applied Research in Higher Education Vol. 8 No. 4, 469-488.

Said, N. S., Zaidee, A. S., Zahari, A. S., Ali, S. R., & Salleh, S. M. (2015). Relationship between Employee Motivation and Job Performance:A Study at Universiti Teknologi MARA (Terengganu) . Mediterranean Journal of Social Sciences Vol 6 No 4 S2, 632-638.

Shahzadi, I., & Javed, A. (2014). Impact of Employee Motivation on Employee Performance. European Journal of Business and Management.

Wahab, A., & umiarso. (2011). Kepemimpinan pendidikan dan Kecerdasan Spiritual,. Yogyakarta: Ar-Ruz.

Zlatea, S., & Gabriel Cucui. (2015). Motivation and performance in higher education. Social and Behavioral Sciences 180, 468-476.

Published

2020-03-01