ANALISA PERILAKU KONSUMEN JASA KATERING UNTUK KEPERLUAN PESTA DI SURABAYA

Authors

  • Pramudita Ananta Prabowo Program Studi Manajemen, Universitas AirlanggaSurabaya

DOI:

https://doi.org/10.30736/je.v21i1.324

Keywords:

Perilaku Konsumen, riset deskriptif, convenience sampling

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan perilaku konsumen pengguna jasa katering pesta di Surabaya. Jenis penelitiaan yang digunakan adalah riset deskriptif dengan menggunakan 9 elemen perilaku konsumen. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 120 responden dengan menggunakan metode pengolahan data tabel frekuensi, diagram batang, dan tabulasi silang. Proses mendapatkan responden pada penelitian ini menggunakan convenience sampling. Penelitian ini mendapatkan temuan bahwa berdasarkan jenis kelamin responden laki – laki dan perempuan dalam posisi yang sama, yaitu masing – masing sebanyak 60 responden. Berdasarkan distribusi frekuensi usia dengan jumlah terbanyak adalah 23 – 28 tahun dengan pekerjaan karyawan swasta dan memiliki rata – rata pengeluaran >Rp 3.000.000. Jenis jasa katering pesta yang sering digunakan adalah prasmanan dengan alasan terbanyak adalah praktis. Pihak yang sering mempengaruhi responden adalah teman dan responden menggunakan jasa katering pesta pada saat mengadakan syukuran. Katering pesta yang sering digunakan responden adalah Sonokembang Katering, responden mendapatkan informasi katering pesta tersebut melalui teman. Responden terbanyak menggunakan jasa katering pesta sebanyak 1 – 2 kali pertahun dan merasa puas menggunakan jasa katering pesta. Mayoritas responden merasa puas dikarenakan sesuai dengan keinginan responden.

References

Harrell D. Gilbert, Consumer Behavior, Harcourt Brace Jovanovich, Florida, 1986.

Kotler, Philip, 2003, Marketing Management : Analysis, Planning, Implementation,and Control, Eleventh edition, Printice Hall Inc.

Kotler, Philip, and Kevin L. Keller, Marketing Management, 13th edition, Pearson International Edition, Prentice Hall Inc., New Jersey, 2009.

Kotler, Philip, and Gary, Armstrong, Principles of Marketing, Prentice Hall International Edition, Ninth Edition, New Jersey, 2001

Kotler, Philip, and Gary, Armstrong, Principles of Marketing, Prentice Hall, Global Edition, Thirteenth Edition, New Jersey, 2010

Lupioadi, Rambat, Manajemen Pemasaran Jasa : Teori dan Praktik, Salemba Empat, Edisi Pertama, Jakarta, 2001

Loudon, David L. and Albert J, Della. Bitta, Consumer Behavior : Concepts and Applications, Fourth Edition, McGraw-Hill, Inc, Singapore, 1993.

Moehyi B. Sjahmien, Penyelenggaraan Makanan Institusi dan Jasa Boga, Bharatara, Jakarta, 1992

Schiffman, Leon G. and Leslie Lazar Kanuk, Consumer Behavior, Prentice Hall International Edition, Ninth Edition, New Jersey, 2007

Schiffman, Leon G. and Leslie Lazar Kanuk, Consumer Behavior, Prentice Hall International Edition, Seventh Edition, Englewood Cliff, New Jersey, 2000 Solomon, R. Michael. 2011. Customer Behavior: Teori dan penerapannya dalam Pemasaran. Bogor : Ghalia Indonesia

Swastha D. Basu, dan Handoko. T. Hani, Manajemen Pemasaran : Analisa Perilaku Konsumen, BPFE-Yogyakarta, Edisi Pertama, Yogyakarta, 2000 http://telpon.info/katering/surabaya 6/12/2012.

Published

2020-03-01