ANALISIS PENGARUH TERPAAN IKLAN TELEVISI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MINUMAN BIG COLA
DOI:
https://doi.org/10.30736/je.v21i1.325Keywords:
Paparan Iklan, Keputusan PembelianAbstract
 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh paparan iklan televisi terhadap keputusan pembelian Big Cola oleh mahasiswa di Universitas Airlangga, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNAIR. Karena populasinya tidak diketahui kepastiannya dan memiliki sifat teknik yang heterogen menggunakan convenience sampling (accidental sampling) dan kemudian semua indikator dalam penelitian ini dikalikan 5 untuk mendapatkan sampel 70 responden. Metode pengumpulan data dengan kuesioner yang berisi daftar pertanyaan yang kemudian diisi oleh 70 responden untuk mendapatkan informasi secara langsung. Teknik analitik yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode PLS (Partial Least Square) dan menggunakan likert scalr pada kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa paparan iklan berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai koefisien jalur 0,5144 diterima dimana nilai statistik T lebih besar dari 5,2815 maka nilai Z α = 0,10 (10%) = 1,645 dapat dinyatakan signifikan atau memiliki pengaruh positif. DirevisiReferences
Ferdinand, A., 2000. Structural Equating Modeling dalam Penelitian Manajemen, Penerbit Universita Diponegoro, Semarang.
Kotler, Philip & Karen F.a, fox, 1995. Strategic Marketing for Educational Institutions 2nd Editions, New Jersey: Pretience-Hall, Inc.
Kotler, Philip, Kevin Lane Keller, 2007, Manajemen Pemasaran, edisi 12. Jilid 2. Jakarta
Russel, J. Thomas, W. Ronald Lane & Karen Whitehill King. 2008. Kleppner’s Prosedur Periklanan. Edisi 17. PT. Indeks Jakarta.
Wells, William, John Burner, Sandra Moriaty. 2000. Advertising principles and practice. New Jersey: Pretince-Hall International., Inc.
Published
2020-03-01
Issue
Section
Artikel