Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing Pada UKM Di Jalanan Kota Kediri

Authors

  • Afif Nur Rahmadi Prodi Manajemen Fakultas Ekonom
  • Tontowi Jauhari Prodi Analisis Kesehatan Fakultas Ilmu Kesehatan
  • Bothy Dewandaru Prodi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi

DOI:

https://doi.org/10.30736/je.v21i2.510

Keywords:

Orientasi pasar, inovasi, orientasi kewirausahaan dan keunggulan bersaing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar, inovasi dan orientasi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing secara parsial dan simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah pengusaha UKM yang berjualan di jalanan Erlangga dan Hayam Wuruk Kota Kediri, dengan jumlah sampel sekitar 96 responden. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa secara parsial orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan  berpengaruh posite dengan nilai paling tinggi atau dominan adalah orientasi pasar. Sedangkan inovasi berpengaruh negative terhadap keunggulan bersaing. Secara simultan orientasi pasar, inovasi dan orientasi kewirausahaan secara bersama-sama mempengaruhi keunggulan bersaing. Ini sangat baik, dengan meningkatkan orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan maka keunggulan bersaing perusahaan akan juga meningkat. Oleh sebab itu, variabel orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan selalu ditingkatkan

References

Alwi, Taufik and Esti Handayani. 2018. “Keunggulan Bersaing Ukm Yang Dipengaruhi Oleh Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk.†(April).

Becherer, Richard C. and John G. Maurer. 1998. “E ] P.†47–58.

Dalimunthe, Muhammad Bukhori. 2017. “KEUNGGULAN BERSAING MELALUI ORIENTASI PASAR DAN INOVASI PRODUK.†3(1):18–31.

Fatah, Ahmad Vian Abdul. 2013. “Effect of Product Innovation and Competitive Advantage of Market Orientation ( Survey on Deden.†Repository UNIKOM.

Fatmawati, Rossa Amalia. 2016. “PENGARUH ORIENTASI PASAR, ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING DAN KINERJA PEMASARAN Pada Warung Kucingan/Angkringan Di Kota Semarang.†Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis volume 5,.

Frengky Andiyanto and Syuhada Sufian, Miyasto. 2017. “Analisis Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing Dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Bisnis (Studi Empiris Pada Industri Pakaian Jadi Skala Kecil Dan Menengah Di Kabupaten Kudus) Frenky.†1–20.

Haryono, Tulus and Sabar Marniyati. 2017. “Pengaruh Market Orientation, Inovasi Produk, Dan Kualitas Produk Terhadap Kinerja Bisnis Dalam Menciptakan Keunggulan Bersaing.†Jurnal Bisnis & Manajemen 17(2):51–68.

Jayaningrum, Erni and Brillyanes Sanawiri. 2018. “Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi, Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Pemasaran (Studi Pada Kuliner Kafe Kota Malang) Erni.†54(1):149–58.

Ketut, Ni, Pertiwi Satwika, Ni Made, Wulandari Kusuma, and Asean Free. 2018. “Pengaruh Orientasi Pasar Serta Inovasi Terhadap Keunggulan Kompetitif Dan Kinerja Bisnis.†7(3):1481–1509.

Kohli, Ajay K. and Bernard J. Jaworski. 1990. “Market Orientation : The.†54(April):1–18.

Lumpkin, G. .. and Gregory G. Dess. 1996. “THE ENTREPRENEURIAL CLARIFYING IT CONSTRUCT AND LINKING ORIENTATION.†Academy of Management Review 21(1):135–72.

Narver, John C. and Stanley F. Slater. 1990. “The Effect of a Market Orientation on Business Profitability.†Journal of Marketing 54(4):20–35.

Slater, Stanley F. and John C. Narver. 1995. “Market Orientation and the Learning Organization.†Journal of Marketing 59(3):63–74.

Studi, Program, Teknologi Pertanian, Fakultas Pertanian, and Universitas Dehasen. 2016. “PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN MANAJEMEN KUALITAS TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) INDUSTRI PANGAN DI KOTA BENGKULU.†II(2).

Sugiyono. 2010. Sugiyono. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono, P. D. 2015. “Metode Penelitian Dan Pengembangan.†Res. Dev. D 2015:39–41.

Sumiati. 2015. “Pengaruh Strategi Orientasi Wirausaha Dan Orientasi Pasar Pengaruhnya Terhadap Kinerja Perusahaan UMKM Di Kota Surabaya.†Jurnal Ekonomi & Manajemen 1(1):31–44.

Sutapa, Sutapa, Mulana Mulyana, and Wasitowati Wasitowati. 2018. “The Role of Market Orientation, Creativity and Innovation in Creating Competitive Advantages and Creative Industry Performance.†Jurnal Dinamika Manajemen 8(2):152–66.

Talaja, Anita, Dario MioÄević, NikÅ¡a Alfirević, and Jurica PaviÄić. 2017. “Market Orientation, Competitive Advantage and Business Performance: Exploring the Indirect Effects.†Drustvena Istrazivanja 26(4).

Tjiptono, Fandy and Gregorius Chandra. 2008. “Manajemen Strategik.†Andi Offset, Yogyakarta.

Published

2020-09-20