Pengaruh Marketing Media Sosial Instagram Terhadap Brand Image The Bunker Café, Tangerang

Authors

  • Tri Djoko Sulistiyo Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti
  • Rina Fitriana Politeknik Sahid

DOI:

https://doi.org/10.30736/je.v21i2.512

Keywords:

Brand Image, Café, Instagram, Pemasaran, Sosial Media

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penggunaan media sosial marketing Instagram pada The Bunker Café, tanggapan konsumen terhadap pembentukan Brand Image pada The Bunker Café, dan seberapa besar pengaruh antara media sosial marketing Instagram terhadap pembentukan brand image pada The Bunker Café di Gading Serpong, Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dalam bentuk kuesioner, dengan  berjumlah 100 responden sesuai dengan rumus Slovin yang digunakan untuk mengetahui besaran sampel. Metode analisis yang digunakan adalah uji statistik deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas data, koefisien determinasi, uji regresi linear sederhana, dan uji hipotesis yang diolah menggunakan program Statistical Package for Social Sciences (SPSS) versi 26.0 for Mac. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mean dari media sosial marketing Instagram adalah 2,94. Maka dapat diartikan bahwa media sosial marketing Instagram The Bunker Café tergolong menarik dan The Bunker Café menjadikan media sosial marketing Instagram menjadi media komunikasi yang interaktif dengan konsumennya. Mean dari Brand Image adalah 3,40. Maka dapat diartikan bahwa Brand Image The Bunker Café tergolong sangat baik. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa media sosial marketing Instagram mempunyai pengaruh sebesar 19,1% terhadap pembentukan Brand Image pada The Bunker Café di Gading Serpong, Tangerang. Sedangkan sisanya yaitu 80,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini

References

Fitriana, R., Amrullah, A., & Suryani, I. (2020). The Impact of Beauty Bloggers’ Online Review towards Shopping Tour Interest of Cosmetic Products in Jakarta. TRJ (Tourism Research Journal), 4(1), 12 - 24. doi:10.30647/trj.v4i1.67

Gunelius, Susan. (2011). “30-Minute Social Media Marketingâ€. United States (US): McGraw-Hill Companies

Hans, Willems. (2011). “Transitioning into a Blueconomyâ€. White Paper Customer-Driven Online Engagement, p 1-18

Hennig-Thurau, Thorsten, et al. (2004). Electronic Word-of-Mouth Via Consumer-Opinion Platforms: What Motivates Consumers to Articulate Themselves on the Internet?â€. Journal of Interactive Marketing Volume 18, Issue 1, 2004, Pages 38-52

Hsieh, MH., Pan, SL, Setiono, R. (2004). “Product-, Corporate-, and Country-Image Dimensions and Purchase Behavior: A Multicountry Analysisâ€. Journal of the Academy of Marketing Science. Volume 32, No. 3, pages251-270. DOI:10.1177/0092070304264262

Kaplan ,Andreas M &, Haenlein, Michael (2010). "Users of the World, Unite! The Challenges and Opportunities of Social Media". Business Horizons 53. (1). p. 61.

Kim, Angella J and Ko, Eunju. (2011). “Do Social Media Marketing Activities Enhance Customer Equity?â€. An Empirical Study of Luxury Fashion Brand.†Journal of Business Research. doi.10.1016/j.jbusres.2011.10.014

Kotler, Phillip, et al. (2016). “Marketing 4.0: Moving from Traditional to Digitalâ€. New Jersey: John Wiley & Sons, Ltd

Kotler dan Keller. (2012). “Manajemen Pemasaranâ€. Edisi 12. Jakarta: Erlangga

Kotler dan Keller. (2009). “Manajemen Pemasaranâ€. Jilid I. Edisi ke 13 Jakarta: Erlangga.

Lesmana, Aditya. (2012) Analisis Pengaruh Media Sosial Tweeter terhadap Pembentukan Band Attachment. Universitas Indonesia: Jakarta.

Mangold, WG. and Faulds, DJ. (2009). “Social Media: The New Hybrid Elementof The Promotion Mixâ€. Article Business Horizons DOI:10.1016/j.bushor.2009.03.002

Ratri, Lutiary Eka. (2007). “Hubungan Antara Citra Merek (Brand Image) Operator Seluler dengan Loyalitas Merek (Brand Loyalty) pada Mahasiswa Pengguna Telepon Seluler di Fakultas Ekonomi Reguler Universitas Diponegoro Semarangâ€. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro.

Salvatore, Dominick. (2005). “Ekonomi Manajerial Buku 2â€. Jakarta: Salemba Empat.

Shojaee, S. and Azman, A. B. (2013). “An evaluation of Factors Affecting Brand Awareness in the Context of Social Media in Malaysia.†Asian Social Science. 9 (17), pp. 72-78.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Wijaya, P.S.M., (2008), “Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Konsumen Starbucks Coffee di Yogyakartaâ€, Jurnal Riset Manajemen & Bisnis,Vol. 3. No.2, (Juni),

Published

2020-09-20