MINAT BELI KONSUMEN DITINJAU DARI STORE ATMOSPHERE, LOKASI, DAN WORD OF MOUTH (Studi Kasus Pada Tas Butik Solo) (Consumer Purchase Interest Assessed From The Atmosphere Store, Location, And Word Of Mouth Case Study On Solo Boutique)

Arik Solvaroyani Solvaroyani, Sri Hartono, Ida Aryati

Sari


Persaingan yang sangat kompetitif didunia bisnis dihadapi oleh para pelaku usaha dalam berbisnis. Perusahaan dituntut untuk menyusun strategi dalam memasarkan produknya agar bisa bersaingan ataupun memenangkannya. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan dan menjelaskan store atmosphere, lokasi dan word of mouth pada minat beli konsumen Tas Butik Solo.  Teknik pengumpulan yang digunakan peneliti yaitu observasi penelitian, wawancara terhadap pelaku usaha dan konsumen Tas Butik, yang nantinya diberikan kuesioner kepada konsumen serta mendokumentasikannya. Teknik analisis data dalam studi ini termasuk beberapa penyusunan data, uji validitas, uji reliabilitas,uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji hipotesis regresi linier berganda, uji f, uji t dan uji determinasi. Hasil studi didapatkan store atmosphere, lokasi dan word of mouth secara simultan mempunyai pengaruh serta signifikan terhadap minat beli Tas Butik Solo. Store atmosphere, lokasi dan word of mouth secara parsial  mempunyai pengaruh serta signifikan terhadap minat beli Tas Butik Solo. Konntribusi dari variabel bebas mampu menjelaskan minat beli Tas Butik Solo sebesar 42,4% dan yang lainnya dipengaruhi oleh variabel lainnya.


Kata Kunci


Store atmosphere, lokasi, word of mouth, minat beli

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adiba. (2016). Pengaruh Suasana Toko Dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toko Aurora Shop Samarinda. Ejournal Administrasi Bisnis, 670-682.

Badriyah, N., Tauhid, H., & DJ, Y. R. (2020). Pendampingan Penerapan Sistem Minapadi Dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Kelompok Tani Di Desa Guci Kabupaten Lamongan. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 221-227.

Badriyah, N., Lubis, Z., Adityas, M. B., & Farid, M. (2020). Meningkatkan

Perekonomian Masyarakat Di Masa Pandemi Dengan Penanaman Jahe Merah Di Kelompok Wanita Tani Desa Kemlagigede Turi Lamongan. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(3), 707-710.

Berman, Barry Dan Evans, Joel R. 2010. Retail Management (11th Ed.) New Jersey: Prentice Hall.

Dj, Y. R., & Safa’atillah, N. (2017). PENGARUH PELATIHAN BROADBRAND LEARNING CENTER (BLC) TERHADAP KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL (Studi Kasus di Wilayah Kecamatan Benowo Kota Surabaya). Prosiding SNasPPM, 2(1), 65-70.

DJ, Y. R. (2017). ANALISIS PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (STUDY KASUS DI CV. LAMONGAN SPORTS CENTER). JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen), 2(3), 8-Halaman.

Ghofur, A., Edy, I. T., Rohman, R., & Athobari, M. F. (2020). Pengembangan UMKM Songkok Melalui Model E-Business Dalam Upaya Peningkatan Penjualan Industri Kreatif Masyarakat Di Kelurahan Banjarmendalan Kabupaten Lamongan. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(3), 720-726.

Hasan, Ali. 2016. Marketing. Jakarta: Medpress.

Hendrayani. (2019). Pengaruh Suasana Toko (Store Atmosphere) Terhadap Minat Beli Konsumen Di Planet Surf Mall Panakukang Makassar. Jurnal Economix, 37-48.

Ibrahim, M., Rizal, F., and Adam, M. 2017. Effect of Price, Design and Location on Decision of Purchase and Its Implication on Customer Satisfaction. International Journal of Economics, Commerce and Management, 345-353

Julianti, N., Nuridja, M., & Meitrian, M. A. (2014). Pengaruh Suasana Toko (Store Atmosphere) Terhadap Minat Belikonsumen Pada Toserba Nusa Permai Di Kecamatan Nusa Penida Tahun 2014. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 1-14.

Kotler, P., & Kevin, K. L. (2016). Marketing Management 16 edition. New Jersey: Pearson.

Kotler, P., Dan Keller, K. L. (2013). Marketing Managemet. New Jersey: Pearson Education.

Levy, Michael Dan Weitz. 2012. Retailing Management (8th Ed.) New York, America: Mcgraw-Hill/Irwin.

Ling, K. C., Chai , L. T., & Piew, T. H. (2010). The Effects of Shopping Orientations, Online Trust and Prior Online Purchase Experience toward Customers’ Online Purchase Intention. International Business Research, 63-76.

Lubis, Z., Afandi, R. B., & Sustroyorini, E. N. (2020). Pelatihan Manajemen Transportasi Dalam Upaya Menciptakan Efisiensi Tata Kelola Jaringan Trayek Dan Sumber Daya Manusia Pada Masyarakat Di Kawasan Pantura Kabupaten Lamongan. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 228-235.

Muhajirin, Ismunandar, & Kamaluddin. (2018). Pengaruh Suasana Toko Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toko Bolly Departement Store Di Kota Bima. Jurnal AKRAB JUARA, 134-152.

Paul C.S. Wu, Yeh, G. Y.-Y., & Hsiao, C.-R. (2011). The effect of store image and service quality on brand image and purchase intention. Australasian Marketing Journal, 30-39.

Powa, G. A., Lapian, S., & Wenas, R. (2018). Pengaruhkualitas Produk, Harga Dan Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Konsumen Handphonepada Mahasiswa Feb Unsrat. Jurnal EMBA, 1188 -1197

Ristyanadi, B., & Jayanti, Y. R. D. (2018). Pengaruh Citra Merk Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi kasus Perilaku Konsumen Toko Roti Lyly Bakery). JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen), 3(2), 690-702.

Rusmawati, Y., & Ristyanadi, B. (2018). ANALISIS PELAYANAN CS (CUSTOMER SERVICE) TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BANK DANAMON DI SUKODADI LAMONGAN. JURNAL EKBIS, 19(1), 1092-1099.

Schiffman, & Kanuk, (2015). Consumer Behavior. 11th Edition. Global Edition.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan Rdand. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30736%2Fje.v22i1.696

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Terindeks pada : 

     
  
 

 

 

 

 
Jurnal Ekbis : Jurnal Prediksi,Analisis dan Informasi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Lamongan is licenced under a Creative Commons Attribution ShareAlike 4.0 International License
Jl. Veteran 53 A Lamongan, Kampus Universitas Islam Lamongan

ekbis_unisla@ac.id
+6208155554780/+6285784448848