ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING (Markerting Strategy Analysis To Improve Competitive Advantage)
DOI:
https://doi.org/10.30736/je.v22i1.700Keywords:
Strategi pemasaran, keunggulan bersaingAbstract
Perkembangan industry makanan dan minuman di Indonesia yang semakin meningkat pada setiap tahunnya menciptakan persaingan yang ketat untuk mempertahankan atau pun meningkatkan pasar PT.Fastrata Buana merupakan salah satu perusahaan distribusi yang telah berhasil memasarkan produknya di seluruh Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang selama ini digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan volume penjualan. Selain itu analisis ini juga bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah strategis yang sebaiknya diterapkan oleh perusahaan untuk kedepannya agar dapat bersaing dengan kompetitornya. Penelitian ini menggunkan metode penelitian kualitatif yaitu mencari informasi atau wawancara kepada narasumber di PT. Fastrata Buana Cabang Krian Sidoarjo. Hasil analisis penelitian yang dilakukan, peusahaan disarankan untuk lebih mengembangkan pemerataan pasar sebagai strategi alternatifnya. Dan selalu mengedepankan loyalitas konsumen seprti sopan santun dan ramah. Perusahaan diharapkan dapat mempertimbangkan penerapan strategi ini sehingga dapat memperkuat posisi bersaing berusahaan PT. FastarataBuana yang dijalaninya semakin maju dan berkembang. Kata Kunci :Strategi pemasaran, keunggulan bersaing.
References
Alma, B. 2003. Strategi pemasaran. Jurnal EMBA .
Djaslim, Saladin. 2011. Manajemen Pemasaran Bandung. Agung Ilmu.
Badriyah, N., Siswanto, S., & Ishaq, I. (2020). Strategi Relational Benefit Terhadap
Peningkatan Kepuasan Pelanggan Pada Alvira Mart Tikung Lamongan. Jurnal
Sains Sosio Humaniora, 4(1), 189-193.
Jubaidah, Irani. 2019. Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Keunggulan
Bersaing Pada Lazis Muhamadiyah Surabaya.
DJ, Y. R. (2017). ANALISIS PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING
TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (STUDY KASUS DI CV.
LAMONGAN SPORTS CENTER). JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu
Manajemen), 2(3), 8-Halaman.
DJ, Y. R. (2019). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP
KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SMARTPHONE OPPO. Media
Mahardhika, 17(3), 463-466.
Hasiholan, L. B., & DJ, Y. R. (2019). Strategi Positioning Dalam Upaya Membangun
Brand. Jurnal Penelitian IPTEKS, 4(2), 229-240.
Dj, Y. R., Rosyad, S., & Muhtarom, A. (2019). Determination of Development of Small
Micro Business that Enforces Deket Village, Lamongan Indonesia District. Int J
Res Manag Econ Commer, 9(6), 27-29.
Edy, I. T., Badriyah, N., Khilil, M. U., & Iskandar, I. (2020). Pengaruh Kualitas Dan
Kinerja Pelayanan KTP Elektronik Terhadap Kepuasan Masyarakat Terhadap
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lamongan. Jurnal Sains
Sosio Humaniora, 4(2), 937-941.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Management, 15thn Global
Edition, Pearson Prentice Hall. New Jersey.
Lubis, Z., Mauladi, K. F., & Irawan, M. R. N. (2020). PENENTUAN STRATEGI
PEMASARAN DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI DAN
MENGADAPI PERSAINGAN (Studi Kasus Pada Gemilang Art Glass Di Modo). Media Mahardhika, 19(1), 59-70.
Lilis, Wahidatul 2018. Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan
Tahubaxo Ibu Pudji Ungaran Dalam Perspektif Ekonomi Islam.
Lucky, Radi Rinandiya., Ane, Kurniawati,. 2016. Strategi Untuk meningkatkan
Keungulan Bersaing Melalui Pengembangan, Desain, dan Kualitas Produk
(Studi Kasus Pada Industri Pakaian Muslim di Kota
Ristyanadi, B., & Jayanti, Y. R. D. (2018). Pengaruh Citra Merk Dan Kepuasan
Pelanggan Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi kasus Perilaku Konsumen Toko Roti Lyly Bakery). JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen), 3(2), 690-702.
Septy, Adelia. 2019. Analisis Strategi Saluran Distribusi Pada PT.V
Rajawali Nusindo Cabang Medan.