PENERAPAN STRATEGI SEGMENTASI PASAR DAN POSITIONING PRODUK DENGAN PENDEKATAN ANALISIS SWOT UNTUK PENINGKATAN PENJUALAN PADA UD. SURYA GEMILANG MOTOR DI SURABAYA

Authors

  • Yunni Rusmawati DJ Fakultas Ekonomi

DOI:

https://doi.org/10.30736/ekbis.v17i1.74

Abstract

Penggunaan analisis SWOT merupakan salah satu alat yang dapat dipakai untuk mengetahui keunggulan dan kelemahan suatu perusahaan khususnya di bidang pemasaran. Analisis SWOT merupakan singkatan dari lingkungan internal kekuatan (strengths) dan kelemahan (weakness) serta lingkungan eksternal peluang/ kesempatan (opportunities) dan ancaman (threats) yang dihadapi dunia bisnis. Lingkungan eksternal perusahaan setiap saat berubah dengan cepat sehingga melahirkan berbagai ancaman dan peluang yang datang dari pesaing maupun iklim bisnis yang berubah. Konsekuensi dari perubahan faktor internal tersebut mengakibatkan berubahnya faktor internal perusahaan, seperti perubahan terhadap kekuatan maupun kelemahan perusahaan. Penerapan segmentasi pasar dan positioning produk yang tepat dan efektif dapat menunjang keputusan konsumen dalam pembelian produk. Hal tersebut dilakukan perusahaan agar berhasil dalam mencapai tujuannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi segmentasi pasar dan positioning produk dengan pendekatan analisis SWOT untuk peningkatan penjualan pada UD.

Keywords : Segmentasi pasar, positioning produk, Analisis SWOT dan Peningkatan Penjualan

Published

2017-03-01