PENGARUH KOMUNIKASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA BALI MITRA WAHANA RAFTING DI KABUPATEN KARANGASEM (THE EFFECT OF COMMUNICATION AND WORK DISCIPLINE ON EMPLOYEE PERFORMANCE IN BALI MITRA WAHANA RAFTING IN KARANGASEM DISTRICT)

Authors

  • I Putu Bagus Suthanaya Universitas Triatma Mulya
  • Made Yudi Darmita Universitas Triatma Mulya

DOI:

https://doi.org/10.30736/je.v22i2.841

Keywords:

Komunikasi, Disiplin Kerja, Kinerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi terhadap kinerja karyawan, mengetahui pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja karyawan, mengetahui pengaruh komunikasi dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan.Populasi dalam penelitian ini adalah semua karyawan yang bekerja di Bali Mitra Wahana Rafting Kabupaten Karangasem, yang berjumlah 150 orang dan yang digunakan sebagai sampel adalah 60% dari seluruh anggota populasi atau sebanyak 90 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi dengan pengujian hipotesis menggunakan uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan.Disiplin kerja secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Komunikasi dan disiplin kerja secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan.

References

Antayena, Wela. 2014. Pengaruh Komunikasi Organisasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Enggal Mumbul Kudus. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Yogyakarta.

Bangun, Wilson. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta. Erlangga

Brahmasari, Ida Ayu 2008. The Journal is published by Management Study Program, Faculty of Business and Economics, Petra Christian University. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, ISSN: 1411-1438, e-ISSN: 2338-8234

Dj, Y. R. (2017). PENERAPAN STRATEGI SEGMENTASI PASAR DAN POSITIONING PRODUK DENGAN PENDEKATAN ANALISIS SWOT UNTUK PENINGKATAN PENJUALAN PADA UD. SURYA GEMILANG MOTOR DI SURABAYA. JURNAL EKBIS, 17(1), 13-Halaman.

DJ, Y. R., Muhtarom, A., Azizah, L. N., & Putri, Y. A. (2021). PENGARUH KEPEMIMPINAN VIRTUAL DAN PENGEMBANGAN KARIR TERHADAP KINERJA KARYAWAN MELALUI LOYALITAS KARYAWAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PT PELINDO DAYA SEJAHTERA SURABAYA. Prosiding SNasPPM, 6(1), 671-679.

Effendy, Onong. 2009. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Edisi ke 22. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Evedido, Dos Santos. 2019. Pengaruh Komunikasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Puri Saron Hotel Seminyak Bali. Skripsi. Program studi manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Triatma Mulya Badung.

GHOFUR, A., RUSMAWATI DJ, YUNNI, AFIN, R., RUSWAJI, R., & MUHTAROM, A. (2021). Pandemi COVID 19 dan Efek Spasial Ekonominya: Bukti Empiris di Jawa Timur. Jurnal Isu Kontemporer dalam Bisnis dan Pemerintah , 27 (3), 39-46.

Hasibuan, Malayu S. P. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi ke 21. Jakarta. Bumi Aksara.

Hasibuan, Malayu SP. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta. Bumi Aksara

Hariandja, Marihot T. E. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia, Pengadaan, Pengembangan, Pengkompensasian, Peningkatan produktivitas Pegawai. Grasindo. Jakarta.

Komala, Lukiati. 2009. Komunikasi Masa Simbiosa Rekatma Media. Jakarta.

Mangkunegara, Anwar P. 2009. Manajemen Sumber Daya Perusahaan. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya

Najiah, E. F., & DJ, Y. R. (2018). PENGARUH PROGRAM DANA BERGULIR OLEH UPK DAN TENAGA KERJA TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN KUWA DI DESA BAMBANG KECAMATAN TURI LAMONGAN. Media Mahardhika, 17(1), 46-53.

Sinungan, Muchdarsyah. 2009. Produktivitas Apa dan Bagaimana. Jakarta. Bumi Aksara.

Tahapary, Althin Bryan. 2015. Pengaruh Disiplin Kerja dan Komunikasi terhadap Kinerja karyawan The Luxio Hotel ands Resort Sorong Papua Barat. Skripsi. Program studi manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Triatma Mulya Badung.

.Tjahjono. 2013. Mazda Eko Sri Pengaruh Kinerja Lingkungan Terhadap Nilai Perusahaan dan Kinerja Keuangan Jurnal Ekonomi Universitas Esa Unggul, - media.neliti.com

Untari, Dewi. 2018. Pengaruh Displin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada PT. Kie Indonesia Vol. 7 No. 1 (2018): Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos

Usman, Husaini. 2013. Manajemen Teori, Praktek dan Riset Pendidikan. Edisi ke 4. PT. Bumi Aksara. Jakarta Timur

Published

2021-09-30