PENGARUH CITRA MEREK, PERSEPSI KUALITAS, FITUR PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI KEPERCAYAAN KONSUMEN PADA SMARTPHONE SAMSUNG GALAXY A10S (THE INFLUENCE OF BRAND IMAGE, QUALITY PERCEPTION, PRODUCT FEATURES ON PURCHASE DECISIONS THROUGH CONSUMER

Authors

  • Novianto Eko Nugroho Program Studi S1 Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30736/je.v22i2.844

Keywords:

Citra Merek, Persepsi Kualitas, Fitur Produk, Keputusan Pembelian, Kepercayaan Konsumen

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek, persepsi kualitas, fitur produk  secara langsung terhadap kepercayaan konsumen dan untuk  mengetahui  pengaruh  citra merek, persepsi kualitas, fitur produk  secara tidak langsung terhadap keputusan pembelian melalui kepercayaan konsumen. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan tipe penelitian eksplanatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa S1 Manajemen Angkatan 2016 STIESIA Surabaya yang berjumlah 80 orang mahasiswa aktif. Untuk menguji pengaruh variabel intervening digunakan metode analisis jalur (path analysis). Analisis jalurmerupakan pengembangan langsung bentuk regresi berganda dengan tujuan untuk memberikan estimasi tingkat kepentingan (magnitude) dan signifikansi (significance) hubungan sebab akibat hipotetikal dalam seperangkat variabel. Hasilpenelitian  menunjukkan  bahwa yang adanya berpengaruh positif dan signifikan secara simultan antara variabel citra merek, persepsi kualitas, fitur produk  secara langsung terhadap kepercayaan konsumen, sedangkan variabel citra merek, persepsi kualitas, fitur produk melalui kepercayaan konsumen berpengaruh secara tidak langsung terhadap keputusan pembelian.

References

Ahmad, Guspul. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Pada Nasabah Kospin Jasa Cabang Wonosobo), Jurnal PPKM UNSIQ, 40-54.

Arslan, M., & Zaman, R. (2014). Impact of Brand Image and Service Quality on Consumer Purchase Intentions. A Study of Retail Stores in Pakistan. Research on Humanities and Social Science, 4(1): 22-32.

Delanno. I.A. (2014). Pengaruh Persepsi Kualitas Produk Terhadap Kepercayaan Dan Komitmen Konsumen Serta Loyalitas Konsumen Pada Air Minum Dalam Kemasan Merek Aqua. Skripsi, Universitas Airlangga.

DJ, YR (2019). PENGARUH PELAYANAN, FASILITAS DAN TARIF KAMAR INAP TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP PADA RSI DARUS SYIFA DI SURABAYA. JURNAL EKBIS: ANALISIS, PREDIKSI DAN INFORMASI , 20 (1), 1252-1260.

Durianto, Sugiarto dan Sitinjak, Tony, 2012. Strategi Menaklukkan Pasar Melalui. Riset Ekuitas dan Perilaku Merek, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Garvin, David A. (2016). alih bahasa Fandy Tjiptono, Strategi Pemasaran.Yogyakarta

Ginting, Nembah. (2012). Manajemen Pemasaran. Cetakan kedua. Yrama Widya. Bandung.

Hendra, L. (2017). Impact of Brand Image, Product Quality and Self-Efficacy on Purchase Decisions on Private Label Rights Products. An Empirical Study. Expert Journal of Business and Management, 5(2).

Jawapos.com. (2019, 17 Mei). Survei Pengguna Internet Indonesia: Paling Banyak Akses Konten Video. Diakses pada 24 Februari 2020, dari https://www.jawapos.com/oto-dan-tekno/teknologi/17/05/2019/survei-pengguna-internet-indonesia-paling-banyak-akses-konten-video/

Keller, Kevin L. (2013). Strategic Brand Management ; Building, Measuring, and Managing Brand Equity. Fourth Edition Harlow, English : Pearson Education Inc.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. (2010). Principles of Marketing (Edisi 13). United. States of America: Pearson.

Kotler, dan Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. (2014). Principles of Marketin, 12th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.

Maulana, W.M. (2019). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Online Gifuto Handicraft di Instagram. Skripsi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Malviya, S, Saluja S.M. and Thakur, S.A. (2013). A Study on the Factors Influencing Consumer’s Purchase Decision towards Smartphones in Indore International Journal of Advance Research in Computer Science and Management Studies. 1(6):14-21.

Mao, Y, Lai, Y, Luo, Y, Liu, S, Du, Y, Zhou, Y, Ma, J, Bonaiuto, F and Bonaiuto, M. (2020). Apple or Huawei: Understanding Flow, Brand Image, Brand Identity, Brand Personality and Purchase Intention of Smartphone. International Journal Sustainbility, 12, 3391; doi:10.3390/su12083391

Mowen, John C dan Minor, Micheal. (2012). Perilaku Konsumen dialih bahasakan oleh Dwi Kartika Yahya. Jakarta : Erlangga.

Muninggar, T.J. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Konsumen Cuci Mobil Hidrolik Jitas Thoro Purbalingga). Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Najiah, E. F., & DJ, Y. R. (2018). PENGARUH PROGRAM DANA BERGULIR OLEH UPK DAN TENAGA KERJA TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN KUWA DI DESA BAMBANG KECAMATAN TURI LAMONGAN. Media Mahardhika, 17(1), 46-53.

Nugroho, I. M. (2013). Analisis Pengaruh Motivasi Konsumen, Persepsi Kualitas, dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Suzuki Swift (Studi pada Konsumen Suzuki Swift di Semarang). Skripsi. Universitas Diponegoro Semarang.

Prasetya, D. (2016). Pengaruh Persepsi Harga, Fitur Produk, dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Android (Studi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta). Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta

Pratama, W.D dan Santoso, B.S (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian melalui Kepercayaan Konsumen pada Produk Stuck Original. Diponegoro Journal Of Management. 7(2):1-11.

Rusmawati, Y. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Struktur Hutang, Dan Umur Perusahaan Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Makanan & Minuman Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2014. Jurnal Penelitian Ekonomi dan Akuntansi , 1 (2), 111-126.

Sari, H. P. (2016). Pengaruh Citra Merek, Fitur, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Konsumen Smartphone Xiaomi di DIY). Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Schiffman, L.G., and Kanuk, L.L. (2015). Consumer Behaviour (10th ed). New Jersey, Pearson Prentice Hall.

Sharma, Parv. (2019). Top Five Smartphone Brands in Indonesia Captured a Record 84% Share During Q3 2019. https://www.counterpointresearch.com/ 13 Agustus 2020, < https://www.counterpointresearch.com/top-five-smartphone-brands-indonesia-captured-record-84-share-q3-2019/>

Simamora, Bilson. (2010). Riset Pemasaran, PT. Gramedia Pustaka. Jakarta

Tarigan, R. M. (2014). Pengaruh Citra Merek Dan Reputasi Perusahaan Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sumatera Utara. Skripsi. Universitas Sumatera Utara Medan.

Tjiptono, Fandy. (2011). Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta : ANDI.

Titin, T., DJ, Y. R., & Azizah, L. N. (2021, June). Karakteristik Pekerjaan, Quality Of Work Life Dan Kepuasan Kerja Terhadap Organizational Citizenship Behavior (Ocb) Pada Pt Djasa Bahari Di Surabaya. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL EKONOMI DAN BISNIS (pp. 133-139).

Published

2021-09-30