PENGARUH MENTAL ACCOUNTING DAN PSYCHOLOGICAL FACTORS TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DALAM PENGGUNAAN KARTU KREDIT
DOI:
https://doi.org/10.30736/jpensi.v2i3.108Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mental accounting dan pshycological factors terhadap perilaku konsumen dalam penggunaan kartu kredit. Metode analisis menggunakan regresi linear berganda dengan pengambilan sampel menggunakan teknik convenience sampling dimana diperoleh 112 responden. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa ketiga indikator dari mental accounting yaitu mental budget, self control dan short term orientation memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku konsumen dalam penggunaan kartu kredit. Pada pshycological factors hanya emotional instability, conscientiousness, materialism dan debt adverse yang berpengaruh signifikan sedangkan pada introvertion dan need for arousal tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku konsumen dalam penggunaan kartu kredit.Keywords : mental accounting, pshycological factors, perilaku konsumen, kartu kredit
Downloads
Published
2017-10-01
Issue
Section
Artikel
License
Copyright (c) 2017 Jurnal Penelitian Ekonomi dan Akuntansi (JPENSI)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.