PENGARUH MENTAL ACCOUNTING DAN PSYCHOLOGICAL FACTORS TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DALAM PENGGUNAAN KARTU KREDIT
DOI:
https://doi.org/10.30736/jpensi.v2i3.108Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mental accounting dan pshycological factors terhadap perilaku konsumen dalam penggunaan kartu kredit. Metode analisis menggunakan regresi linear berganda dengan pengambilan sampel menggunakan teknik convenience sampling dimana diperoleh 112 responden. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa ketiga indikator dari mental accounting yaitu mental budget, self control dan short term orientation memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku konsumen dalam penggunaan kartu kredit. Pada pshycological factors hanya emotional instability, conscientiousness, materialism dan debt adverse yang berpengaruh signifikan sedangkan pada introvertion dan need for arousal tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku konsumen dalam penggunaan kartu kredit.Keywords : mental accounting, pshycological factors, perilaku konsumen, kartu kredit
Unduhan
Diterbitkan
2017-10-01
Terbitan
Bagian
Artikel
Lisensi
Hak Cipta (c) 2017 Jurnal Penelitian Ekonomi dan Akuntansi (JPENSI)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.