ANALISIS BALANCED SCORECARD SEBAGAI TOLOK UKUR KINERJA PERUSAHAAN PADA PT POS INDONESIA ( PERSERO ) LAMONGAN

Authors

  • Sutri Handayani Fakultas Ekonomi

DOI:

https://doi.org/10.30736/jpensi.v2i3.110

Abstract

Balanced scorecard (BSC) adalah salah satu alternatif pengukuran kinerja yang bertujuan menggabungkan ukuran kinerja keuangan dan non keuangan. Pengukuran ini merupakan hasil dari suatu proses berdasarkan misi dan strategi dari suatu perusahaan. Terdapat empat aspek yang diukur dalam balanced scorecard (BSC) yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan/konsumen, perspektif proses bisnis internal serta perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Hasil dari penelitian ini adalah kinerja perusahaan pada perspektif keuangan menghasilkan hasil kinerja yang buruk. Dibandingkan dengan standar perusahaan, kinerjanya juga sama buruknya. Kinerja PT. Pos Indonesia (Persero) Lamongan 62200 pada perspektif pelanggan menunjukan hasil yang semakin baik. Pada perspektif proses bisnis internal menunjukan perbaikan kinerja perusahaan yang semakin baik. . Berdasarkan pengukuran yang dilakukan, peneliti menyimpulkan bahwa kinerja perusahaan pada perspektif pembelajaran dan pertumbuhan  menunjukan hasil yang semakin baik.

Keywords : Penilaian Kinerja, Balanced Scorecard (BSC)

Published

2017-10-01