PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ROKOK SURYA (Studi Kasus pada Konsumen Rokok Surya di UNISLA)

Penulis

  • Abid Muhtarom Universitas Islam Lamongan
  • Muhammad Tommy Syahrizal UniversitasIslam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.30736/jpensi.v3i1.128

Abstrak

Perusahaan yang memiliki image yang baik dimata konsumen umumnya akan lebih menarik calon konsumen karena mereka yakin bahwa perusahaan tersebut memiliki kualitas yang baik dan dapat dipercaya. Sebab dimata konsumen, perusahaan yang terpercaya adalah jaminan atas konsistensi kinerja suatu produk dan penyediaan manfaat apapun yang dicari konsumen ketika membeli produk dari perusahaan tersebut. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian diskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode kuesioner untuk pengumpulan datanya, Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Penelitian ini menggunakan alat analisis data antara lain Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Regresi Linier Berganda, Koefisien Determinasi, Uji t, Uji F. Dari hasil perhitungan analisis regresi linier berganda diperoleh nilai KPG = 6,178310 + 0,380369KP + 0,147771HRG berdasarkan uji t menunjukan nilai = 1,989, nilai thitung untuk variabel kualitas produk (KP) sebesar 7,712486 dan untuk variabel harga (HRG) sebesar 2,708 > t tabel = 1,989. Sedangkan pada uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar 50,55638 > F tabel= 3,11. Maka Ho ditolak dan diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel kualitas produk dan harga secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

Kata kunci : kualitas produk, harga dan keputusan pembelian

Biografi Penulis

Abid Muhtarom, Universitas Islam Lamongan

Fakultas Ekonomi

Muhammad Tommy Syahrizal, UniversitasIslam Lamongan

Fakultas Ekonomi

Referensi

Anggara, Wibasuri, 2012. Pengaruh Kualitas Dan Harga Terhadap

Keputusan Pembelian Laptop Acer Tipe Aspire 4752 Di Kelurahan

Sepang Jaya Kecamatan Kedaton Bandar Lampung. Informatics and Business Institute Darmajaya, Vol. 10, Hal 68-83.

Arianto, Nurmin 2016. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (Amdk) Merek Aqua. Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, Vol. 3, Hal 2-33.

Habibah, Ummu 2015. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Kota

Bangkalan Madura. Jurnal Ekonomi & Bisnis, Vol 1, Hal 31- 48

Joshua, Padmalia 2016. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Entrepreneur dan Entrepreneurship, Vol 5, Hal 27-32.

Sugiyono. 2015. Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta, Bandung.

Tunis, Martina 2016. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di The Secret Factory Outlet, Pariwisata,Vol. 3, Hal 60-73.

Widayati, Dwi 2012. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tupperware Di Yogyakarta, Jurnal Manajemen Vol. 2, Hal 65-74.

Unduhan

Diterbitkan

2018-06-04