PENGARUH SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI KEUANGAN DAN ASET BERBASIS CLIENT SERVER TERHADAP PENINGKATAN KINERJA SANGGAR SENI TRI MELATI LAMONGAN

Penulis

  • Octa Melinda Lucky Mahesta Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.30736/jpensi.v3i1.133

Abstrak

Sistem informasi sangat berperan penting dalam berkembangnya suatu organisasi, penerapan sistem informasi akan mempermudah pelaksanaan tugas yang dijalankan dan didukung oleh teknologi yang canggih sehingga dapat mempercepat penyelesaian tugas setiap individu. Setiap organisasi dituntut dapat selalu meningkatkan kualitas dan kuantitas kinerja untuk tercapainya tujuan yang ada. Dengan adanya sistem informasi yang baru saja dikembangkan, diharapkan akan meningkatkan kinerja pengurus dalam organisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji sistem informasi administrasi keuangan dan aset berbasis client server terhadap peningkatan kinerja pengurus Sanggar Seni Tri Melati Lamongan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode kausal komparatif menggunakan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengurus Sanggar Seni Tri Melati Lamongan dan sampel yang digunakan berjumlah 42 orang. Data dikumpulkan dari kuesioner yang diberikan kepada 42 responden. Uji keandalan instrumen meliputi uji validitas dan uji reliabilitas. Sedangkan uji asumsi klasik meliputi uji normalitas dan uji heteroskedastisitas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana yang digunakan untuk menguji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan sistem informasi administrasi keuangan dan aset berbasis client server berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kinerja pengurus pada Sanggar Seni Tri Melati Lamongan. Hal ini terjadi karena meskipun pengembangan sistem informasi administrasi keuangan dan aset berbasis client server yang baru dilakukan dan diterapkan selama kurang lebih 1 bulan, namun dapat memberikan dampak positif kemudahan dan keunggulan bagi pengurus maupun anggota, sehingga terjadi peningkatan kinerja pengurus pada Sanggar Seni Tri Melati Lamongan. Pengaruh variabel pada penelitian ini masih kecil, oleh karena itu bagi penelitian selanjutnya dengan tema yang sama sebaiknya menambah jumlah variabel bebas, agar hasil penelitian menjadi lebih baik.

Kata kunci : Client Server, Kinerja, Regresi Linier Sederhana, Sistem Informasi

Biografi Penulis

Octa Melinda Lucky Mahesta, Universitas Islam Lamongan

Fakultas Ekonomi

Referensi

D, Adi. 2001. Kamus Praktis Bahasa Indonesia. Fajar Mulya, Surabaya

Emzir. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan : Kuantitatif dan Volume III No. 1, Februari 2018 ISSN 2502 - 3764.

Kualitatif. Salemba Empat,

Jakarta.

Mahesta, Octa M. L. 2018. Perancangan Sistem Informasi Administrasi Keuangan dan Aset Meningkatkan Kinerja Pada

Sanggar Seni Tri Melati Lamongan Berbasis Client Server. Skripsi. Lamongan : Program Sarjana Ekonomi Akuntansi Universitas Islam Lamongan.

Mangkunegara, A.A Anwar Prabu. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. PT Remaja Rosdakarya, Bandung Mulyanto, Agus. 2009. Sistem Informasi Konsep dan Aplikasi. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Rizaldi, Fahmi. 2015. Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi terhadap Kinerja Karyawan: Studi Empiris pada CV Teguh Karya Utama Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi. Volume 4; Nomor 10.

Santosa, Dhika Anggara. 2013. Pengaruh Pemanfaatan Teknologi

Informasi Terhadap Kinerja Individu Mahasiswa Program Pendidikan Strata Satu Jurusan Akuntansi Di STIE Perbanas Surabaya. Artikel Ilmiah. Surabaya : STIE Surabaya.

Stair, Raplh M., dan Reynolds, George W. 2012. Fundamental of Information Systems (with Access Code). Cengage, USA

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan

Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung

Wikipedia. Pengertian Aset. (Online). https://id.m.wikipedia.org/wiki/Aset), (diakses 31 Maret 2018)

Wikipedia. Pengertian Administrasi Keuangan. (Online). (https://leninurmayanti04.wordpress.com/2014/03/31/pengertiankeuangan-dan-administrasikeuangan/),(diakses 31 Maret 2018)

Wiseliner, Ririn. 2013. Pengaruh Penerapan Teknologi Informasi

Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Serasi Autoraya-Trac Astra Rent a Car Cabang Pekanbaru. Skripsi. Pekanbaru: Program Sarjana Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Unduhan

Diterbitkan

2018-02-20