Analysis of Factors Influencing Consumer Purchasing Decisions at Culinary Micro Small and Medium Enterprises Centers in Sidoarjo Square

Penulis

  • Endang Siswati Universitas Bhayangkara Surabaya
  • Juliani Pudjowati UNIVERSITAS BHAYANGKARA SURABAYA

DOI:

https://doi.org/10.30736/jpensi.v8i2.1624

Abstrak

This study aims to analyze what factors influence consumer purchasing decisions at culinary MSME centers in Sidoarjo square, and what are the stages, with a qualitative descriptive approach. The analytical method uses data reduction, presentation and conclusion. The results of the study found that consumer purchasing decisions were influenced by cultural factors, social factors of family togetherness enjoying culinary delights, psychological factors of consumers, namely purchase motivation based on needs, as well as perceptions about product, price, and taste. The stages in the consumer buying decision process are based on: the existence of a need, seeking information from family, friends, and the media, then evaluating several alternatives, then the buying decision stage. repeat purchase is based on customer satisfaction

Referensi

Agustini, N. K. D. A. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Membeli Di Online Shop Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Angkatan Tahun 2012. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(1), 127–136.

Bowo, K. A., Hoyyi, A., & Hoyyi, M. A. (2013). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian dan kepuasan konsumen pada notebook merek Acer (Studi kasus mahasiswa Universitas Diponegoro). Jurnal Gaussian, 2(1), 29–38.

Ghanimata, F., & Kamal, M. (2012). Analisis pengaruh harga, kualitas produk, dan lokasi terhadap keputusan pembelian (Studi pada Pembeli Produk Bandeng Juwana Elrina Semarang). In Diponegoro Journal of Management (Vol. 1, Issue 4).

Hutagaol, C. D. (2019). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen di Pajak USU (PAJUS) Medan.

Kementerian Koperasi dan UKM RI. (2008). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Pretice Hall, Inc.

Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Mujiyana, M., & Elissa, I. (2013). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian via internet pada toko online. J@ TI Undip: Jurnal Teknik Industri, 8(3), 143–152.

Prastiwi, D. A. (2021). Pengaruh faktor psikologis, faktor pribadi dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian produk fashion baju merek ndck di instagram (studi kasus pada pengguna instagram di kota lumajang).

Saeroji, A., & Wijaya, D. A. (2017). Pemetaan wisata kuliner khas Kota Surakarta. Jurnal Pariwisata Terapan, 1(1), 13–27.

Setyanto, A. R., Samodra, B. R., & Pratama, Y. P. (2015). Kajian strategi pemberdayaan UMKM dalam menghadapi perdagangan bebas kawasan ASEAN (Studi kasus kampung batik Laweyan). Universitas Sebelas Maret Surakarta, 14(2), 205–220.

Shaferi, I., & Widiastuti, E. (2013). Reorientasi Jaringan Pemasaran UMKM di Era Globalisasi dan Otonomi Daerah. Sustainable Competitive Advantage (SCA), 1(1).

Soewanda, T. (2015). Strategi Pengembangan usaha makanan dan minuman pada rumah makan nasi bebek pak janggut di Surabaya. Agora, 3(1), 559–568.

Sudirman, A., Alaydrus, S., Rosmayati, S., Syamsuriansyah, S., Nugroho, L., Arifudin, O., Hanika, I. M., Haerany, A., Rusmana, F. D., & Rijal, K. (2020). Prilaku konsumen dan perkembangannya di era digital. CV WIDINA MEDIA UTAMA.

Suryana, P., & Dasuki, E. S. (2013). Analisis faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian dan implikasinya pada minat beli ulang. Trikonomika, 12(2), 190–200.

Syahbuddin, A. (2018). Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor (Studi pada Masyarakat Petani Kopi di Desa Padang Cahya Kecamatan Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat) . UIN Raden Intan Lampung.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service, quality dan satisfaction. In Yogyakarta: Andi Offset. Andi Offset.

Widiana, M. E., & Rusmawati, E. (2014). Pengaruh Ekuitas Merek, Kualitas Produk Dan Penjualan Perorangan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Maspion Di Desa Seruni Gedangan Sidoarjo. E-Jurnal Manajemen Kinerja, 68–73.

Diterbitkan

2023-06-23