Analisa Manajemen dan Strategi Bisnis pada Resto Ikan Bakar dan Kolam Pancing Watukosek

Penulis

  • Ach. Nur Fuad Chalimi STIE Gempol

DOI:

https://doi.org/10.30736/jpensi.v3i2.166

Abstrak

Resto Ikan Bakar dan kolam pancing merupakan salah satu usaha keluarga yang bergerak dalam bidang rumah makan di Gempol Pasuruan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fungsi manajemen, lingkungan internal dan eksternal serta menyusun rencana strategi bisnis di masa mendatang. Penelitian yang dilakukan dengan metode kualitatif ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara ke beberapa orang informan dari pihak rumah makan. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa Resto Ikan Bakar memiliki kendala pada pengelolaan sumber daya manusia. Dari hasil analisis, strategi bisnis yang tepat digunakan oleh Resto Ikan Bakar di masa mendatang adalah best-value focus yang memiliki fokus terhadap pelayanan dan kualitas produk yang diberikan kepada pelanggan.

 

Kata Kunci : Manajemen, Strategi Bisnis, Analisa SWOT

Referensi

Amsyah, Zulkifli (2005). Manajemen Sistem Informasi. Jakarta : Garamedia Pustaka Utama.

Barney, (2001). Firm Resources and Sustained Competitive Advantage, Journal of Management,17 (March), 99-120

Daft, Richard L. (2009). Manajemen (6th ed., Vol. 1). (Edward Tanujaya dan Shirly Tiolina, Trans.). Jakarta: Salemba Empat.

Daft. Richard L. (2010). New Era of Management (9th edition). South-Western: Cengage Learning.

David, Fred R.(2011). Manajemen Strategis : konsep. Edisi 10. Salemba Empat. Jakarta.

Dyck, B., & Neubert, M. J. (2009). Principles Of Management. International Edition: Cengage Learning.

Ebookbrowse (2012), Jurnal Analisis Manajemen Strategik McDonalds Onny Yuwono Retrieved May, 2013, from http://ebookbrowse.com/jurnal-analisis-manajemen-strategik-mcdonalds-onny-yuwono-pdf-d484965469

Gasperz, Vincent. (2003). Total Quality Management. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Gunawan, Jonathan, (2013) Jurnal Analisa Manajemen dan Strategi Bisnis, from 36180-ID-analisa-manajemen-dan-strategi-bisnis-pada-ud-cahaya-abadi-indah-di-surabaya.

Hasibuan, Malayu S.P. (2006). Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Bumi Aksara. Jakarta

Madura, Jeff. (2007). Pengantar Bisnis (4th ed., Vol. 1). (Ali Akbar Yulianto dan Krista). Jakarta: Salemba Empat.

Moleong, L,J. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya. Bandung

Pefindo (2012), Profil Usaha PT. Berlina, Tbk. – Pefindo, from http://new.pefindo.com/files/valuasi/2012-09-07-brna-01-id.pdf

Sekaran, Uma. (2007). Metodologi Penelitian untuk Bisnis. Edisi 4. Salemba Empat. Jakarta

Solihin, I. (2009). Pengantar Manajemen. Jakarta : Erlangga

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Sumarni, Murti dan John, Soeprihanto. (2010). Pengantar Bisnis: Dasar-Dasar Ekonomi Rumah makan. Yogyakarta: Liberty.

Susanto, A.B., Wijanarko, (2007). Family Business. The Consulting Group. Jakarta.

Unduhan

Diterbitkan

2018-06-25