PENGARUH RASIO KEUANGAN DAN PERTUMBUHAN LABA TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BEI

Penulis

  • Sinta Cahyanti Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.30736/jpensi.v3i2.167

Abstrak

Kebijakan dividen adalah kebijakan yang dimiliki perusahaan untuk membagikan labanya kepada para pemegang saham, yaitu untuk memenuhi harapan para pemegang saham terhadap dividen dan di sisi lain juga tidak harus menghambat pertumbuhan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas, likuiditas dan pertumbuhan laba terhadap kebijakan dividen. Adapun  populasi yang digunakan adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2012 – 2016. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling, dan hasil pengambilan sampel dalam penelitian ini diperoleh 28 perusahaan. Teknik analisis datanya menggunakan regresi linier berganda. Hasil analisisnya menyebutkan bahwa profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kebijakan dividen, likuiditas negatif dan berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen, pertumbuhan laba berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kebijakan dividen dan leverage berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kebijakan dividen. 

Kata kunci : profitabilitas, likuiditas, pertumbuhan laba, leverage, Kebijakan Dividen

Referensi

Fahmi, Irham. 2014. Studi Kelayakan Bisnis. Mitra Wacana Media, Jakarta.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS 23. Edisi 8. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Harjito, A. Dan Martono. 2014. Manajemen Keuangan. Edisi Kedua. Ekonisia. Yogyakarta.

Http://www.idx.co.id

Murhadi, W.R. 2015. Analisis Laporan Keuangan. Salemba Empat, Jakarta.

Nufiati dan Suwitho. 2015. Pengaruh Profitabilitas dan Likuiditas Terhadap Kebijakan Dividen Kas Pada Perusahaan Pefindo 25. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Volume 4 (3): 1-18.

Rachmawati dan Handayani. 2014. Pengaruh rasio keuangan dan kebijakan dividen terhadap pertumbuhan laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi Vol. 3 (3) : 1-15.

Sudana, I.M. 2015. Manajemen Keuangan Perusahaan. Erlangga, Jakarta.

Tampubolon, Manahan P. 2013. Managemen Keuangan. Mitra Wacana Media, Jakarta.

Unduhan

Diterbitkan

2018-06-25