KEDUDUKAN DAN FUNGSI INTERNAL AUDITOR PADA BMT. MASLAHAH PASURUAN

Penulis

  • Ach. Nur Fuad Chalimi STIE GEMPOL

DOI:

https://doi.org/10.30736/jpensi.v3i3.185

Abstrak

Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) merupakan lembaga ekonomi atau lembaga keuangan syariah nonperbankan yang sifatnya informal, BMT. Maslahah yang berada di Pasuruan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fungsi internal auditor pada BMT. Maslahah dapat berperan bagi tercapainnya pemeriksaan internal yang baik dan kedudukan internal auditor pada BMT benar-benar independen sehingga dapat mencapai tumuan pemeriksaan yang objektif. Penelitian yang dilakukan dengan metode kualitatif ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa literatur-literatur dan wawancara ke bagian internal auditor yang berada pada BMT. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa internal auditor telah melakukannya pekerjaannya sesuai dengan fungsi dan kedudukannya sehingga pengawasan terhadap keuangan BMT dapat dilaksanakan sesuai dengan tugas dan keinginan dari pimpinan, maka harta BMT dapat terjaga dari penyalagunaan atau penyelewangan dana dari kegiatan-kegiatan yang kurang jelas.

 

Kata Kunci : Fungsi, Internal Auditor, Kedudukan.

Referensi

Agoes, Sukrisno. 2004. Auditing (Pemeriksaan Akuntan) oleh Kantor Akuntan Pulik Edisi Ketiga. Jakarta : Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti.

Agoes, Sukrisno. 2008. Auditing (Pemeriksaan Akuntan) oleh Kantor Akuntan Pulik. Jakarta : Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Akmal. 2009. Pemeriksaan Manajemen Internal Audit Edisi Kedua. Jakarta : PT. Indeks Jakarta.

Amin Widjaja Tunggal. 2008. Pokok-Pokok Audit Internal. Jakarta: Harvarindo. Halim, Abdul. 2004.Auditing (Dasar-Dasar Audit Laporan Keuangan). Yogyakarta : Unit Penerbit dan Percetakan (UPP) AMP YKPN

Arifin, Zaenal. 2003. Dasar-dasar Manajemen Bank Syariah. Jakarta : AlvaBelt.

Ascarya dan Yumanita, Diana. 2005. Bank Syariah : Gambaran Umum. Jakarta : Pusat Studi Kebanksentralan (PPSK) Bank Indonesia.

Halim, Abdul. 2008. Auditing (Dasar-Dasar Audit Laporan Keuangan). Yogyakarta : UUP STIM.

Hiro Tugiman. 2006. Standar Profesi Audit Internal. Yogyakarta : Kanisius.

Hiro Tugiman. 2007. Pengendalian Audit Internal. Bandung : Fakultas Ekonomi Unpad.

Ikatan Akuntan Indonesia, 2002. Kerangka Dasar Penyusunan Dan Penyajian Laporan Keuangan Bank Syariah. Jakarta : Salemba Empat.

Juklak Koperasi Jasa Keuangan Syariah. 2004. Jakarta : Kementrian Koperasi Dan Usaha Kecil Dana Menegah Republik Indonesia.

Unduhan

Diterbitkan

2018-10-15