PENGARUH FAKTOR EKSTERNAL DAN INTERNAL TERHADAP KINERJA UMKM DI KOTA PASURUAN

Penulis

  • Vita Fibriyani Universitas Merdeka Pasuruan
  • Eva Mufidah Universitas Merdeka Pasuruan

DOI:

https://doi.org/10.30736/jpensi.v3i3.190

Abstrak

Peranan sektor swasta di negara berkembang seperti Indonesia mengalami peningkatan di era globalisasi. Hal ini merupakan dampak adanya globalisasi perdagangan. Sektor swasta yang berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia adalah usaha kecil dan menengah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor eksternal (aspek kebijakan pemerintah, sosial ekonomi dan peranan lembaga terkait) dan faktor internal (aspek sumber daya manusia, keuangan, operasional dan pemasaran) terhadap kinerja UMKM Kota Pasuruan. Sampel penelitian ini adalah UMKM makanan dan minuman, industri mebel dan industri logam sejumlah 150 sampel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan metode stepwise. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja umkm di Kota Pasuruan dipengaruhi oleh aspek pemasaran dan keuangan dari faktor internal serta kebijakan pemerintah dari faktor eksternal. Kinerja umkm Kota Pasuruan dapat dijelaskan oleh ketiga hal tersebut sebesar 18.1% sedangkan 81.9% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dilibatkan dalam model. Aspek keuangan merupakan pengaruh dominan dengan nilai signifikansi sebesar 0.003 dan koefisien regresi sebesar 0.239 sedangkan aspek kebijakan pemerintah mempunyai nilai signifikansi sebesar 0.003 dengan koefisien regresi sebesar 0.232. Untuk aspek pemasaran berpengaruh terhadap kinerja umkm Kota Pasuruan dengan nilai signifikansi sebesar 0.018 dan koefisien regresi sebesar 0.190.

 

Kata Kunci : faktor eksternal, faktor internal, kinerja, umkm, regresi linier berganda

Referensi

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

David, Fred R. 2009. Strategic Management: Concepts and Cases, Twelfth Edition, Pearson Prentice Hall, New Jersey.

Fahrmeir L, T. Kneib, S. Lang and B. Marx. 2013. Regression: Models, Methods and Applications. Springer Publication 2013.

Hanke, J.E. and Wichern, D.E. 2005. Business Forecasting 8th Ed. New Jersey: Pearson Education.

Jeeshim and Kucc, 2002. Multicolliniearity in Regression Model. Diakses online pada http://php.indiana. edu/~kucc625 1 Multicollinearity in Regression Models.

Keith, T. 2015. Multiple Regression and Beyond An Introduction to Multiple Regression and Structural Equation Modeling 2nd Edition Routledge Pub, Taylor and Francis New York

Krisdanti, G dan Rodhiyah. 2014. Analisis Faktor – faktor yang Mempengaruhi Kinerja UKM pada Sektor Industri Pengolahan Makanan di Kota Semarang. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Diponegoro. Semarang.

Lofian, Budi dan Riyoko, Sisno. 2014. Identifikasi Faktor Eksternal dan Faktor Internal yang Berpengaruh terhadap Kinerja UKM Mebel Rotan di Jepara. Jurnal DISPROTEK, Vol.5, No. 2.

Munizu, Musran. 2010. Pengaruh Faktor – Faktor Eksternal dan Internal Terhadap Kinerja Usaha Mikro dan Kecil (UMK) di Sulawesi Selatan. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan 12, 33 – 41.

Pearce, John A. dan Richard B. Robinson. 2011. Strategic Management

Formulation, Implementation, and Control, Twelfth Edition, McGrawHill, New York.

Purwidianti, Widya dan Rahayu, Tri Septin Muji. 2015. Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal terhadap Kinerja Usaha Industri Kecil dan Menengah di Purwokerto Utara. Kinerja, Vol. 19, No. 1, Hal. 149 – 159.

Rangkuti, Freddy. 2013. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta Gramedia.

Rokhayati, Isnaeni dan Lestari, Herwick Diyah. 2016. Analisis Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Kinerja UMKM Gula Kelapa di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Jaringan Penelitian dan Pengembangan.

Sandra, Alex dan Purwanto, Edi. 2015. Pengaruh Faktor – Faktor Eksternal dan Internal terhadap Kinerja Usaha Kecil dan Menengah di Jakarta. Business Management Journal, Vol. 11, No. 1.

Tambunan, T. 2008. Daya Saing Global Indonesia 2008 – 2009 versi World Economic Forum (WEF). Jakarta : Makalah Kadin.

Zimmerer, Thomas W. et al. 2008. Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil, Edisi Kelima, Salemba Empat, Jakarta.

Unduhan

Diterbitkan

2018-10-15