PENGARUH PROMOSI DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK XYZ DONUT

Penulis

  • Budi Prasetiyo Universitas Nasional Pasim
  • Taopik Hidayat Universitas Nasional Pasim

DOI:

https://doi.org/10.30736/jpensi.v4i1.218

Abstrak

Dunia bisnis terus mengikuti kemajuan teknologi modern dalam berbagai hal termasuk strategi pemasaran. Hal ini memunculkan suatu peningkatan dalam penyebaran informasi yang lebih cepat sampai kepada calon konsumen sehingga saat produk muncul di media maka tingkat perbincangan (word of mouth) mengenai produk lebih cepat dan lebih banyak dari setiap orang yang melihat atau membelinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan word of mouth terhadap keputusan pembelian produk XYZ Donut di Bandung baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel yang terdiri dari 100 orang konsumen XYZ Donut. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan metode analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa promosi dan word of mouth secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai koefisien determinasi sebesar 83,7%, dan sisanya sebesar 16,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

 

Kata Kunci : Promosi, Word of Mouth, Keputusan Pembelian

Referensi

Ali Hasan. 2010. Marketing dari Mulut ke Mulut. Yogyakarta: Media Pressindo.

Antoni Prasetyo. 2016. Pengaruh Strategi Promosi dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian pada Kopiganes. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Vol.5 No.1, Januari 2016.

Bagas Aji Pamungkas. 2016. Pengaruh Promosi di Media Sosial dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Kedai Bontacos, Jombang). Jurnal Komunikasi Vol.X No.02, September 2016:145-160.

Bambang S. Soedibjo. 2017. Pengantar Metode Penelitian. Bandung: Universitas Nasional Pasim.

Basu Swastha, Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Jakarta: Liberty.

Fandy Tjiptono, Gregorius Chandra, Dadi Adriana. 2008. Pemasaran Stratejik. Yogyakarta: Andi

Philip Kotler dan Gary Armstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: PT. INDEKS Kelompok Gramedia.

Philip Kotler dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid 1 dan Jilid 14. Jakarta: Erlangga.

Sumardy. 2011. The Power of Word of Mouth Marketing. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Unduhan

Diterbitkan

2019-02-15