PENGARUH IKLIM KERJA DAN PENGEMBANGAN KARIR TERHADAP KOMITMEN KARIR DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA KANTOR BKD KABUPATEBN BIMA

Penulis

  • Ety Kurniawati
  • Mistar Mistar

DOI:

https://doi.org/10.30736/jpensi.v4i3.259

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh Iklim Kerja Dan Pengembangan Karir Terhadap Komitmen Karir Dengan Kepuasan Kerja Pegawai Pada Kantor BKD Kabupaten Bima. Variabel dependen yang digunakan adalah Komitmen Karir, variabel independen adalah Iklim Kerja pengembangan karir. Jenis penelitian ini adalah asosiatif kausal. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Sensus sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 43 orang responden yang berstatus Pegawai Negeri Sipil. Hasil penelitian ini adalah adalah (1) Iklim Kerja dan pengembangan karir berpengaruh langsung secara signifikan terhadap komitmen karir dengan  kepuasan kerja sebagai variabel intervening, baik secara parsial (individu) maupun secara simultan (bersama-sama) pada pegawai di Kantor BKD Kabupaten Bima. (2) Pengembangan karir berpengaruh langsung positif dan siginifikan dan tidak langsung tidak positif dan signifikan terhadap komitmen pada pegawai di Kantor BKD Kabupatn Bima. (3) Kepuasan kerja berpengaruh langsung terhadap komitmen karir pada pegawai di Kantor BKD Kabupatn Bima. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, penelitian ini menunjukkan bahwa Iklim Kerja dan Pengembangan Karir mempengaruhi Komitmen Karir dengan Kepuasan Kerja sebagai variabel Intervening pada pegawai dikantor BKD Kabupaten Bima.

Kata Kunci : Iklim Kerja, Pengembangan Karir, Komitmen Karir, Kepuasan Kerja

Referensi

Adio, Gboyega and S.O. Popoola. 2009. Job Satisfaction and Career Commitment of Librarians in Federal University Libraries in Nigeria. Career Development International Journal. Vol. 59 No. 3, h. 175-184.

Bhaesajanguan, S. 2010. The Relationship Among Orgzanizational Climate, Job Satisfaction and Organizational Commitment in Thai Telecommunication Industry. Eleader, Singapore, 2011.

Charles L. Salindeho (2016) Analisis Pengaruh Iklim Kerja Dan Pengembangan Karir Terhadap Komitmen Karir Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi pada pegawai di Sekretariat Daerah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro). Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Vol 4 ,No.3, Edisi Khusus SDM 2016: 303-318.

Eko A. Siswanto Dan A. Yuniawan (2012).Analisis Pengaruh Iklim Kerja Dan Pengembangan Karir Terhadap Komitmen Karir: Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Karyawan PT Pertamina (Persero) Pemasaran Wilayah JawaTengah Dan DIY). Volume 1, Nomor 2, Tahun 2012, Halaman 332-342.

Gibson, et al. 2008. Organisasi dan Manajemen Perilaku, Struktur dan proses, (Alih bahasa P Joerdan Walid) cet. Ke-9. Jakarta: Erlangga.

Handoko, T. Hani. 2012. Manajemen Personalia Dan Sumber Daya Manusia, Edisi Kedua, Cetakan Kesebelas. Yogyakarta: Badan Penerbit Fakultas Ekonomi (BPFE).

Hasibuan, Melayu S.P. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi, Cetakan Keenambelas. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

Haslam, S. A., Reicher, S. D., & Platow, M. J. 2010. The New Psychology of Leadership: Identity, Influence & Power. NY: Psychology Press.

Henry, Simamora (2012), Akuntansi Manajemen. Jakarta: Star Gate Publisher.

Meeusen, Vera C.H., Karen Van Dam, Andre A.J Van Zundert, and Hans T.A. Knape. 2011. Work Climate Related to Job Satisfication Among Dutch Nurse Anesthesists. AANA Journal, Vol. 79 No. 1, h. 63-70.

Monis, S. H., & Sreedhara, T. N. 2003. Employee Satisfaction with Career Development Practices: A Comparative Study of Indian and Foreign MNC BPO Firms. Journal of Arts Science & Commerce, 11(1): 110-122.

Pramono, A. 2009. Analisis Keterampilan Kerja dan Iklim Kerja terhadap Kualitas Pelayanan Keperawatan di Ruang Rawat Inap RSU H.Sahudin Kutacane. Medan: Tesis, Program Pasca Sarjana Universitas Sumatera Utara.

Rivai, H. V. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan: Dari Teori Ke Praktek. Jakarta: RajaGrafindo Persama.

Robbins, S. P. Judge 2008. Perilaku Organisasi: Edisi 12. (Terjemahan Diana Engelica). Jakarta: PT. Prenhallindo.

Siagian, Sondang. P. 2011. Sistem Informasi Manajemen. Jakarta:PT. Bumi Aksara.

Shonia Rahma Ausri, Heru Susilo Dan Muhammad Cahyo Widyo Sulistyo(2018).Pengaruh Iklim Organisasi Terhadap Komitmen Organisasional Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening(Studi pada Karyawan Perusahaan Daerah Air Minum Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 60 No. 1 Juli 2018.

Veithzal Rivai. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Unduhan

Diterbitkan

2019-10-31