PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (STUDI KASUS PADA SALON LIONTIN KOTA BIMA)

Penulis

  • Ismunandar Ismunandar
  • Widya Ayu Lestari

DOI:

https://doi.org/10.30736/jpensi.v4i3.261

Abstrak

Perkembangan di dunia usaha yang dinamis dan penuh persaingan menuntut perusahaan melakukan strategi untuk merubah dan mempertahankan produk/jasa, mempertahankan dan menarik konsumen dan menangani konsumen agar merasan puas akan produk yang ditawarkan. Konsep pemasaran  yang memberikan pengalaman yang unik kepada pelanggan dikenal dengan istilah experiental marketing sehingga konsumen diharapkan mendapatkan kepuasan. Tujuan penelitian untuk Mengetahui dan menganalisis pengaruh experential marketing terhadap kepuasan konsumen Salon Liontin Kota Bima. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna jasa Salon Liotin Kota Bima dengan jumlah sampel 96 orang. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan sampling purposive. Tehnik Analisis data yang digunakan adalah analisis Regresi Linear sederhana. Hasil penelitian menunjukan  bahwa Experiential Marketing berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen

Kata Kunci : Experential Marketing, Kepuasan Konsumen

Referensi

Akdon dan Ridwan, (2009).Aplikasi Statistika dan Metode Penelitian Untuk Administrasi dan Managemen. Dewa Ruchi: Bandung.

Alma, Buchari. (2011). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung: Alfabeta.

Andreani Fransisca (2009), Experential Marketing (Sebuah Pendekatan Pemasaran), Jurnal Manajemen Pemasaran, Volume 2 No.1. Universitas Kristen Petra; Surabaya.

Daryanto. (2011). Manajemen Pemasaran: Sari Kuliah, Cetakan I, Bandung: Satu Nusa.

Darmesta dan irawan, 2012, Managemen Pemasaran Moderen, Liberty: Yogyakarta.

Fadila D dan Zamal Ridho, 2013.Perilaku Konsumen: Palembang: Citrabooks Indonesia.

Ghozali, Imam. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS.Edisi keempat. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponorogo.

Hasan, Ali. 2009. Marketing. Edisi Baru. Yogyakarta: MedPress.

Indah Fransiska(2015) .“Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Terhadap Mujigae Resto Festival Citylink)â€.Bandung : Jurnal Manajemen Pemasaran.

Kartajaya, Hermawan, 2004. Hermawan Kartajaya on Brand, Mijan Pustaka: Bandung.

Kotler, Philip and Keller, Kevin Lane. (2012). Marketing Management, 14th Edition.New Jersey: Prentice Hall Published.

Moleong, Lexi J. (2007). Metodelogi Penelitian Kualitatif, Penerbit PT.Remaja Rosdakarya Offset: Bandung.

Peter dan Olson,(2013). Prilaku Konsumen danStrategi pemasaran.Diterjemahkan oleh Tantri Dwiandani. Penerbit Salema Empaat: Jakarta.

Rayina Eka dan Yuliana (2016). “Pengaruh Experiential Marketing Terhadap KepuasanPelanggan (Studi Pada Wiki Koffie)â€.Bandung: Jurnal Manajemen Bisnis.

Ria Lestari Pangastuti (2017).â€The Influence of Experiential Marketing And Service Quality For beingReasonability of Customers Loyality Forming(Case Study of Beauty Saloon of London Beauty Center “ LBC)â€. Kediri: Jurnal Ekonomi.

Ridwan, (2004).Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Alfabeta: Bandung.

Shcmitt, Beruel, 1999, Experiential Marketing. The free press: New York.

Suardi, (2011).Menuju kepuasan pelanggan melalui penciptaan kualitas pelayanan.Politeknik Negri Semarang.

Sugiono, (2009:212:226). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D ;Bandung: Alfabeta.

Sugiono, (2009:242). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D ;Bandung: Alfabeta.

Sugiono, (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D ;Bandung: Alfabeta.

Sugiono, (2011).Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D.

Sinaga, Shihab dan Syarfuan (2013). “Pengaruh Experiential Marketing Terhadap KepuasanKonsumenStudi Kasus Pada Cinema XXI Imax Gandaria Cityâ€, Jakarta: Jurnal Manajemen dan Bisnis.

Tjiptono, Fandy. 2010. Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia Publishing

Unduhan

Diterbitkan

2019-10-31